4 Minuman yang Dapat Memperlambat Kinerja Obat Pada Tubuh, Hindari Segera

- 14 Maret 2021, 19:45 WIB
4 Minuman yang Dapat Memperlambat Kinerja Obat Pada Tubuh, Hindari Segera
4 Minuman yang Dapat Memperlambat Kinerja Obat Pada Tubuh, Hindari Segera /Prasetyo bagus p/foto: ilustrasi obat /pixabay/steve-buissinne

KABAR BESUKI – Ketika Anda merasa tubuh sedang tidak sehat dan Anda diharuskan mengkonsumsi obat tertentu untuk meredakan gejala tersebut, hindari minuman yang berpotensi memperlambat kinerja obat.

Sebagian besar orang mempunyai cara tersendiri untuk minum obat, contohnya dengan cara langsung minum, dihaluskan, ditambahkan buah-buahan seperti pisang atau dicampur madu agar bisa ditelan.

Studi mengatakan, obat akan lebih cepat di proses oleh tubuh ketika Anda meminumnya bersamaan dengan air hangat atau panas. Karena, obat akan cepat larut dalam tubuh.

Baca Juga: Baekhyun EXO Mengkonfirmasi Comeback Solo dengan Merilis Single Duet dengan Doyoung NCT

Baca Juga: Innalillahi Tiga Kali dari Amien Rais untuk Skenario Jokowi Tiga Periode, Amien: Bangsa Terbelah Menjadi Dua

Suhu minuman juga berkontribusi pada kecepatan masuknya ke aliran darah karena membantu mengurai obat itu sendiri.

Berikut empat minuman yang dapat memperlambat kinerja obat pada tubuh.

  1. Susu

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Therapeutics, mencampurkan obat-obatan Anda dengan susu dapat memiliki serangkaian efek yang mengejutkan termasuk, penurunan ketersediaan hayati obat, peningkatan atau penurunan ekskresi obat, penipisan penyerapan nutrisi, dan lain-lain.

Masalah utama yang menjadi perhatian dokter adalah kemampuan susu untuk menurunkan tingkat penyerapan obat bila dicampur dengan jenis obat tertentu.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: bestlifeonline


Tags

Terkini

x