Penelitian Menunjukkan Jika Orang dengan Golongan Darah Ini Lebih Rentan Terpapar Covid-19, Ini Penjelasannya

- 17 Maret 2021, 10:53 WIB
 Ilustrasi sampel darah
Ilustrasi sampel darah /Maksim Goncharenok/pexels.com/

KABAR BESUKI - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pemilik golongan darah A lebih rentan terpapar coronavirus SARS-CoV-2.

Studi ini menunjukkan jika pemilik golongan darah A lebih mudah terinfeksi Covid-19 dan gejalanya lebih parah dibandingkan dengan golongan darah lainnya.

Eksperimen laboratorium mengungkapkan jika bagian dari virus yang disebut domain pengikat reseptor (RBD) yang mengikat sel untuk memulai infeksi, juga menangkap molekul unik yang ada pada golongan darah tipe A, yaitu antigen A.

Baca Juga: Sinopsis Unlocked Tayang di trans TV Rabu 17 Maret 2021, Noomi Rapace Mencegah Aksi Teror Biologis

Secara teori pengikatan tersebut akan membantu virus corona masuk dan menginfeksi saluran pernapasan dengan lebih mudah, seperti dikutip dari jurnal Blood Advances oleh Live Science.

Data penelitian ini menujukkan adanya hubungan antara virus corona dengan golongan darah A, namun hingga kini penelitian masih dilanjutkan untuk memastikan pengaruh infeksi yang seseungguhnya.

Sejak awal pandemi, sejumlah penelitian terhadap virus corona telah mengungkapkan adanya golongan darah tertentu yang tren kasusnya relatif tinggi dibanding golongan darah lainnya.

Baca Juga: Kabar Baik, Sandiaga Uno dan Presiden Jokowi Isyaratkan Pariwisata Bali akan Dibuka Pertengahan Tahun

Dr. Torben Barrington, ahli imunologi klinis di Rumah Sakit Universitas Odense dan Universitas Denmark Selatan mengatakan jika beberapa penelitian menemukan hubungan antara golongan darah dengan tingkat infeksi virus corona.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama

Sumber: Live Science


Tags

Terkini