Peringati Hari Perawat Nasional, Ini Sederet Tanggung Jawab serta Jenjang Karir Seorang Perawat di Indonesia

- 17 Maret 2021, 12:22 WIB
Perawat wanita/pixabay
Perawat wanita/pixabay /

KABAR BESUKI – Tanggal 17 Maret ditetapkan sebagai Hari Perawat Nasional sekaligus hari lahirnya PPNI (Persatuan Perawat Nasional Indonesia). Jasa para perawat kini semakin dirasakan semenjak masa pandemi Covid-19.

Perawat menjadi salah satu garda terdepan untuk mengasuh dan melayani pasien-pasien yang terpapar virus covid-19. Tidak kenal lelah, mereka berjuang untuk memberikan yang terbaik kepada pasien agar bisa segera pulih.

Pada peringatan Hari Perawat Nasional yang ke-47 pada tahun 2021 ini, PPNI mengusung tema “ Perawat Tangguh, Indonesia Bebas Covid-19 dan Masyarakat Sehat”.

Baca Juga: Ribuan Ikan di Kolam Lokasi Desa Lopak Alai Muaro Jambi Mendadak Mati, Diduga Hal Inilah Penyebabnya

Untuk lebih mengetahui seputar dunia perawat, tidak ada salahnya untuk kita paham dan mengerti mengenai tugas, tanggung jawab, serta jenjang karir seorang perawat di Indonesia.

Secara umum, perawat terdiri dari 2 jenis, yakni perawat vokasi (lulusan D3 Kperawatan), dan perawat profesi (lulusan S1 Keperawatan). Dalam menjalankan profesinya, perawat bekerja sama dengan dokter umum, dokter spesialis, bidan, dan juga tenaga kesehatan lainnya.

Baca Juga: Bupati Situbondo Minta Pelayanan RSUD dr Abdoer Rahem Ditingkatkan dengan Penerapan Pelayanan Pakem

Perawat mengikuti petunjuk dari dokter untuk mengurus dan membantu pasien dalam pemeriksaan kesehatan dan perawatan medis.

Dulunya, perawat dikenal dengan sebutan suster untuk perawat perempuan dan bruder untuk perawat laki-laki. Namun saat ini, panggilan tersebut sudah tidak digunakan lagi dan diganti dengan sebutan perawat atau Ners.

Halaman:

Editor: Surya Eka Aditama


Tags

Terkini