Kabar Baik, Pemprov Riau Terima Bantuan Tiga Heli dan Dua Pesawat dari BNPB dan KLHK untuk Atasi Karhutla

- 19 Maret 2021, 17:24 WIB
Foto: Ilustrasi Kebakaran Hutan.
Foto: Ilustrasi Kebakaran Hutan. /Rizqi A/ /PIXABAY/Gerd Altmann

KABAR BESUKI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau memperoleh bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sarana dan prasarana dalam rangka mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah tersebut.

Secara detail, bantuan sarana dan prasarana tersebut berupa tiga unit helikopter dan dua unit pesawat untuk memperkuat kinerja Satuan Tugas (Satgas) Karhutla sejak status siaga darurat diberlakukan sejak Senin, 15 Februari 2021 lalu.

Pemprov Riau memang berniat mengajukan bantuan tersebut sejak insiden kebakaran di hutan lindung PT Chevron Pacific Indonesia yang berada di Kota Pekanbaru, Riau tersebut terjadi pada bulan lalu.

Baca Juga: Vaksin AstraZeneca Dinyatakan Haram, MUI: Namun Diperbolehkan Karena dalam Kondisi Darurat

Baca Juga: Menuju Hari Bahagia, Aurel Hermansyah Ajak Atta Halilintar ke Dokter Spesialis Kandungan

Baca Juga: Pembalap MotoGP Marobidelli Sebut GP Qatar Sebagai Pertarungan Yamaha, Ducati dan Suzuki

“Bantuan tersebut diberikan sesuai dengan status siaga darurat karhutla yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Riau. Serta juga karena adanya permintaan dari Pak Gubernur,” kata Ketua BPBD Riau Jim Gofur sebagaimana dilansir Kabar Besuki dari ANTARA.

Adapun Pesawat Cassa 212 TNI AU kini telah mendarat di Landasan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin, Pekanbaru untuk melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC) dengan menggandeng Badan Pengkajian dan Penerapan Teknolog (BPPT).

Pesawat tersebut telah beroperasi untuk melaksanakan tugas untuk mengatasi karhutla di Riau dengan cara menebar garam ke awan demi menciptakan hujan buatan untuk menyiasati kemarau panjang yang saat ini terjadi di wilayah tersebut.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

x