Agar Rumah Tetap Aman dan Terhindar dari Pencuri, Lakukanlah 6 Tips Ini Jangan Sampai Terlewat

- 22 Maret 2021, 18:09 WIB
Tips rumah aman.
Tips rumah aman. /Dicky S//Ilustrasi gambar/Antara/

KABAR BESUKI - Keamanan merupakan suatu usaha untuk menghindari timbulnya atau adanya ancaman kejahatan yang akan mengganggu. Keamanan sebaiknya memiliki unsur-unsur seperti adanya proteksi, integritas, keaslian suatu data, serta memiliki hak akses.

Keamanan harus bisa menghindarkan kita dari tindakan berbahaya ataupun segala sesuatu yang merugikan kita. Selayaknya manusia, rumahpun harus juga diberi pengamanan, apabila rumah tidak aman otomatis orang bisa keluar masuk membawa barang berharga dari rumah kita.
 
Seperti kejadian yang banyak diberitakan di surat kabar, media sosial, ataupun yang lainya. Karena rumah merupakan tempat tinggal yang di dalamnya berisi berbagai jenis barang yang berharga dan penting.
 
 
 
 
Lingkungan rumah juga sangan penting untuk sistem keamanan, rumah yang cenderung sepi akan lebih besar resikonya dibanding dengan rumah yang berada di pusat keramaian.
 
Rumah yang lingkungannya sepi, apalagi rumah tersebut memiliki barang mewah sudah pasti akan lebih besar risikonya untuk dicuri.
 
Maka dari itu, untuk menjaga rumah agar tetap aman ada tipsnya, yaitu:
 
1. Amankan Akses Utama
 
Akses utama yang biasa digunakan oleh pencuri adalah pintu dan jendelaPastikan pintu dan jendela di rumah Anda dalam keadaan terkunci sebelum Anda meninggalkan rumah atau sebelum tidur.
 
2. Tambahkan Teralis
 
Tambahkan teralis pada setiap jendela yang ada di rumahPilih bahan yang kuat sehingga tidak mudah dibengkokkan atau dipotong. Gunakan besi teralis yang rapat yang lebih kecil dari ukuran tubuh manusia.
 
3. Memasang CCTV di Tempat Strategis
 
Ini adalah pilihan paling efektif bila Anda benar-benar ingin melindungi barang-barang berharga yang ada di rumah Anda. Setidaknya Anda butuh dana kisaran 3 jutaan ke atas untuk dapat memasang seperangkat CCTV lengkap.
 
4. Lapor RT atau RW
 
Beritahu kepada Ketua RT atau RW dan satpam sekitar lingkungan perumahan bahwa Anda sekeluarga akan mudik dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Setidaknya RT, RW dan satpam di lingkungan perumahan dapat membantu mengawasi rumah Anda. Sehingga jika ada sesuatu yang janggal atau ada orang yang mencurigakan berada di sekitar rumah Anda, mereka dapat segera bertindak.
 
 
 
 
5. Simpan Benda-benda berharga
 
Menyimpan benda-benda berharga di suatu tempat yang tersembunyi yang hanya tuan rumah yang tau. Jangan sampai memberitahu teman, kerabat, saudara, tetangga, apalagi orang lain.
 
6. Pasangi Atas Pagar Kawat Berduri
 
Penasangan ini bertujuan untuk menghalangi pencuri untuk masuk naik lewat pagar rumah. Jangan lupa untuk selalu menutup pintu pagar jika keluar ataupun di dalam. 
 
Itulah tadi tips untuk mencegah pencuri masuk ke rumah. Berhati-hati dan terus waspada.***

Editor: Yayang Hardita

Sumber: YouTube Sobat Dosen


Tags

Terkini