Apakah Kaki Anda Sering Pegal? Jangan Biarkan Varises Menyerangnya, Cek Penjelasan Mengenai Varises

- 25 Maret 2021, 09:59 WIB
Kaki varises
Kaki varises /Gambar Ilustrasi/Pixabay/free-photos/

KABAR BESUKI - Varises terjadi ketika pembuluh darah Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Ketika katup pada vena gagal, darah akan terkumpul di pembuluh vena daripada terus menuju jantung. Sehingga pembuluh darah vena akan membesar sehingga menyebabkan munculnya varises.

Hal ini empat kali lebih mungkin terjadi pada wanita daripada pria dan mempengaruhi satu dari dua orang di atas usia 50. Kabar baiknya adalah ada cara Anda dapat mengelolanya dan mencegahnya menjadi lebih buruk.

Varises paling sering menyerang kaki. Ini karena pembuluh darah di kaki Anda paling jauh dari jantung dan gravitasi membuat darah lebih sulit mengalir ke atas. Varises dapat disebabkan oleh riwayat keluarga tetapi juga dapat disebabkan oleh obesitas, menopause, dan usia di atas 50 tahun. Beberapa orang mengalami nyeri, berat, bengkak, dan pegal di sekitar pembuluh darah yang membesar.

 Baca Juga: BTS Kenang Masa Masih Menjadi Trainee Hingga Sukses Besar dalam Acara ‘You Quiz On The Block’

  • Hindari Berdiri dan Duduk Terlalu Lama

Saat Anda duduk atau berdiri dalam waktu lama, ini bisa menyebabkan tekanan pada pembuluh darah Anda meningkat. Seiring waktu, darah dapat menggenang di sekitar kaki bagian bawah, pergelangan kaki, dan betis. Hal ini dapat menyebabkan bengkak dan nyeri.

  • Makan Makanan yang Sehat

Mengelola berat badan Anda sangat penting jika Anda ingin membantu mencegah varises. Ini karena kelebihan berat badan dapat menambah tekanan pada pembuluh darah di kaki Anda yang pada gilirannya membatasi aliran darah.

  • Tetap Aktif

Olahraga dapat membantu meringankan gejala Anda dan mencegahnya berkembang. Tetap aktif membantu Anda mengelola berat badan juga. Olahraga paling bermanfaat untuk mencegah varises adalah dengan berjalan kaki.

 Baca Juga: Kemenlu: WNI yang Tidak Memiliki Kepentingan di Myanmar, Kami Minta Pulang Ke Indonesia

  • Singkirkan Sepatu Hak Tinggi

Jika Anda memiliki varises atau ingin mencegahnya berkembang, inilah saatnya untuk menyingkirkan sepatu hak tinggi. Atau setidaknya batasi jumlah waktu Anda memakainya. Saat mengenakan sepatu hak tinggi, otot betis berkontraksi yang mencegah otot memompa darah melalui pembuluh darah dengan benar. Hal ini dapat menyebabkan darah menggenang di pembuluh darah Anda.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Activebeat


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah