Menkes dan IDI Masih Belum Bisa Pastikan Vaksin Bisa dan Aman Digunakan untuk Anak-Anak

- 25 Maret 2021, 10:03 WIB
foto : ilustrasi vaksin
foto : ilustrasi vaksin /Aliefia R/ pexels - user : @n-voitkevich

KABAR BESUKI – Kementerian Kesehatan masih menunggu rekomendasi pemberian vaksin Covid-19 bagi kelompok usia anak di Indonesia dari sejumlah lembaga terkait.

“Kita tunggu dulu rekomendasi baik dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) maupun Indonesian Technical Advisory Group Immunization (ITAGI) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI),” kata Juru Bicara Vaksin Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi melalui pesan singkat di Jakarta, pada Kamis pagi (Antara News).

Sementara itu, Aman Bhakti Pulungan selaku Ketua Umum IDAI mengatakan pihaknya belum mengeluarkan rekomendasi terkait vaksinasi untuk anak.

“Sampai saat ini belum ada data update untuk vaksin anak. Tentu IDAI belum keluarkan rekomendasi imunisasi apapun untuk anak,” katanya.

Baca Juga: Tsunami Aceh Dilaporkan Penyebabnya Berasal dari Ledakan Nuklir Bawah Tanah, [Cek Fakta]

Untuk vaksin Sinovac, Aman Bhakti mengatakan vaksin tersebut masih direkomendasikan untuk rentang usia 15 hingga 59 tahun.

IDAI sendiri terus mengharapkan sejumlah penelitian terkait keamanan vaksin untuk anak dapat segera terwujud.

“Kalau wacana tentu kita akan sangat mengharap, tapi apakah aman?, sangat besar kemungkinan itu aman, tapi kan data-datanya belum. Dan dari BPOM juga belum ada. Kalau nanti kita akan ada untuk anak pasti IDAI lah yang pertama untuk mengeluarkan pernyataan,” katanya.

Baca Juga: Apakah Kaki Anda Sering Pegal? Jangan Biarkan Varises Menyerangnya, Cek Penjelasan Mengenai Varises

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x