Info Ramadhan 2021: Singapura Bolehkan Shalat Tarawih di Masjid, Asalkan Lakukan Ini

- 25 Maret 2021, 15:22 WIB
Foto Masjid Sultan Singapura
Foto Masjid Sultan Singapura /Aini//Pixabay/Cedric Yong (Scribbling Geek)

KABAR BESUKI - Bulan ramadhan akan tiba sebentar lagi, tinggal menghitung hari. Jika pada ramadhan tahun lalu pihak pemerintah diberbagai negara membatasi dengan ketat kegiatan di Masjid, termasuk salah satunya Singapura.

Dilansir dari laman rasmi Majlis Ugama Islam Singapura (muis.gov.sg), memaparkan bahwa akan membuka kembali masjidn-masjidnya untuk kegiatan ramadhan seperti salat tarawih, berbuka puasa bersama dan beri'tikaf.

Namun, jamaah juga harus memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Selain itu yang sesuai dengan edaran MUIS tersebut, jamaah dianjurkan memesan tempat terlebih dahulu.

Baca Juga: Rupiah Terus Melemah 15 Poin atau 15 Persen Peso Filiphina Terus Menguat, Simak Selengkapnya

Baca Juga: Pasangan Selebriti Aurel-Atta Dikabarkan Batal Melangsungkan Pernikahan di Masjid Istiqlal, Ada Apa?

Baca Juga: 10 Orang Tewas dalam Kebakaran di Matraman, Walikota Jakarta Timur Sampaikan Duka dan Bantu Pemakaman Jenazah

Perlu diketahui, sejak Juni 2020, shalat berjamaah di masjid Singapura secara bertahap dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

Doa dan aktivitas lainnya dilakukan Dalam hal tersebut, pihak masjid juga melakukan kegiatan dengan jarak yang aman, durasi yang diperpendek, durasi pembersihan yang ditingkatkan, pintu masuk dan keluar yang terpisah, serta penerapan aplikasi Trace Together untuk pelacakan kontak.

Nantinya, disediakan tempat melalui sistem pemesanan online, yang dirancang agar mudah digunakan, dan untuk memprioritaskan mereka yang belum mendapatkan slot di masjid dalam beberapa minggu terakhir.

Sementara itu, untuk tahun ini, umat Islam di Singapura diharapkan merayakan Ramadhan dari 13 April hingga 12 Mei.

Baca Juga: Badan Geologi Kementerian ESDM Sebut Sumber Daya Batu Bara Indonesia Mencapai Angka 143,73 Miliar Ton

Baca Juga: [Cek Fakta] Parfum Garuda Indonesia Dijual Bebas, dan ‘Stok Terbatas’

Umat Muslim dapat berharap untuk layanan ibadah Ramadhan terbatas yang diadakan di masjid tahun ini.

Namun demikian, karena Singapura masih dalam fase pandemi Covid-19 ini, jadi pembukaan kembali membutuhkan langkah-langkah pengelolaan yang aman saat ini.

Masyarakat tetap dihimbau untuk menjalankan aktivitas Ramadhan bersama keluarga di rumah, mengingat keterbatasan ruang di masjid, serta dalam mengakses konten dan layanan online yang akan ditingkatkan.

Mengenai pemesanan slot di masjid selama Ramadhan untuk menyesuaikan ada yang 10 hari pertama, kedua, dan terakhir Ramadhan.

Setiap jendela atau slot akan menawarkan sekitar 84.000 ruang sholat .

Setiap orang pada awalnya akan dibatasi untuk satu pemesanan per jendela, untuk memungkinkan lebih banyak jamaah mengunjungi masjid.Pemesanan akan dibuka beberapa hari sebelum dimulainya setiap jendela.

Selain itu, akan tersedia selama 10 hari terakhir Ramadhan untuk Qiyamul Lail, dengan 25.000 ruang tersedia untuk setiap jendela.

Baca Juga: Viral! Video Pengunjung Pantai Sanur Bali Diusir Security Hotel, Ini Kronologisnya!

Baca Juga: Viral! Video Pengunjung Pantai Sanur Bali Diusir Security Hotel, Ini Kronologisnya!

Setiap jamaah akan diizinkan untuk memesan satu kali per jendela, dan pemesanan akan dibuka beberapa hari sebelum dimulainya setiap jendela.

Sedangkan untuk kegiatan lain seperti Tadarrus (membaca Alquran setiap hari) dan Khatamul Quran akan diizinkan di masjid, dengan mematuhi rencana pengelolaan yang aman seperti salat harian di masjid.

Majlis Ugama Islam Singapura (The Islamic Religious Council of Singapore) tetap mengimbau warga untuk beribadah di rumah bersama keluarga dan nantinya akan lebih banyak program masjid dan ceramah yang disediakan melalui platform online.***

Editor: Yayang Hardita


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x