Badan Geologi Kementerian ESDM Sebut Sumber Daya Batu Bara Indonesia Mencapai Angka 143,73 Miliar Ton

- 25 Maret 2021, 14:55 WIB
Foto: Ilustrasi Penambangan Batu Bara.
Foto: Ilustrasi Penambangan Batu Bara. /Rizqi A//PIXABAY/stafichukanatoly

KABAR BESUKI – Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan bahwa total sumber daya batu bara yang tersedia di wilayah Indonesia mencapai angka 143,73 miliar ton hingga tahun 2020 lalu.

Dari angka 143,73 miliar ton tersebut, terdapat cadangan batu bara yang tersebar di seluruh penjuru tanah air sejumlah 38,81 miliar ton.

“Indonesia punya kekayaan batu bara yang sangat besar. Hasil penelitian Badan Geologi tahun 2020 mencatat sumber daya batu bara sebanyak 143,73 miliar ton dengan cadangan 38,81 miliar ton,” kata Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Eko Budi Lelono dalam sebuah diskusi sebagaimana dilansir Kabar Besuki dari ANTARA.

Baca Juga: [Cek Fakta] Parfum Garuda Indonesia Dijual Bebas, dan ‘Stok Terbatas’

Baca Juga: Warga Depok Kini Bisa Lakukan Vaksinasi Via Drive-Thru, Simak Alurnya Berikut Ini

Baca Juga: Viral! Video Pengunjung Pantai Sanur Bali Diusir Security Hotel, Ini Kronologisnya!

Sebanyak 90 persen cadangan batu bara di Indonesia memiliki kalori dengan kadar sedang dan rendah untuk kebutuhan sumber energi ketenagalistrikan, smelter, produksi semen, pupuk, dan hingga untuk produksi kertas.

Sementara itu, tingkat konsumsi batu bara domestik (domestic market obligation) tercatat sebesar 121,89 juta ton, dengan proporsi terbanyak berasal dari penggunaan untuk suplai bahan bakar Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

Eko juga menyebutkan, mayoritas pembangkit listrik di wilayah Indonesia (sebanyak lebih dari 50 persen) menggunakan batu bara sebagai bahan bakar utama generator.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x