Bantuan Sosial Tunai Akan Cair Akhir Maret, PT POS: Kita Harap BST Memicu Pergerakan Ekonomi

- 26 Maret 2021, 17:23 WIB
lustrasi: Warga menunjukan Kartu Keluarga Sejahtera sebelum berbelanja kebutuhan pokok di sela-sela peluncuran Bantuan Sosial Beras bagi Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) di Surabaya, Jawa TImur, Rabu (7/10/2020). (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/wsj.)
lustrasi: Warga menunjukan Kartu Keluarga Sejahtera sebelum berbelanja kebutuhan pokok di sela-sela peluncuran Bantuan Sosial Beras bagi Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) di Surabaya, Jawa TImur, Rabu (7/10/2020). (ANTARA FOTO/Zabur Karuru/wsj.) //Prasetyo pramono/

KABAR BESUKI – Bantuan Sosial Tunai (BST) kemungkinan dijadwalkan akan cair pada akhir Maret. PT Pos Indonesia (Persero) telah menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) dalam tiga tahapan bagi warga yang terdampak pandemi COVID-19.

"Tahun ini kita sudah salurkan bantuan sosial tunai dalam tiga tahapan. Kita harapkan bantuan sosial tunai menjadi pemicu untuk menggerakkan ekonomi nasional dan memperkuat daya beli masyarakat, sehingga pertumbuhan ekonomi nasional menjadi meningkat dan lebih baik," kata Dirut PT Pos Indonesia (Persero) Faizal Rachmad Djoemadi dalam keterangannya yang dikutip dari Antara.

Diketahui Bantuan Sosial Tunai diberikan selama empat bulan, mulai Januari hingga April 2021 dan diharapkan dapat meringankan beban keluarga yang terdampak pandemi COVID-19 sekaligus membantu perekonomian nasional untuk bangkit dan bergerak.

Baca Juga: Mengejutkan! K-Drama SBS 'Joseon Exorcist' Resmi Dibatalkan Setelah Terjadi Kontroversi

Bantuan tunai tahun 2021 terdiri atas tiga program yang merupakan program pemulihan ekomoni, yakni Program Keluarga Harapan (PKH) dan disalurkan dalam empat tahap, langsung kepada penerima melalui bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Program Sembako sebesar Rp200.000 per bulan per kepala keluarga hingga Desember 2021, juga disalurkan melalui perbankan untuk dibelanjakan bahan pangan di tempat yang telah ditentukan.

Selain itu, bantuan tunai itu juga mencakup program Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp300.000 per bulan per kepala keluarga yang disalurkan melalui PT Pos Indonesia.

Baca Juga: World Bank: Efek Pandemi Covid-19 Telah Menghambat Penurunan Angka Kemiskinan dan Peningkatan Ketidaksetaraan

Tahun ini pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp28.709 triliun untuk PKH, Rp42.5 triliun untuk Program Sembako, dan Rp12 triliun untuk BST.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x