5 Manfaat Mendengarkan Musik yang Jarang Disadari, Salah Satunya Membantu Tetap Aktif Saat Masa Lansia

- 30 Maret 2021, 07:52 WIB
Foto: Ilustrasi Musik.
Foto: Ilustrasi Musik. /Rizqi Arie//PIXABAY

KABAR BESUKI – Musik merupakan sesuatu hal yang nyaris tak dapat dipisahkan dari kehidupan kita semua.

Menurut sebuah penelitian, musik memiliki segudang manfaat yang dapat Anda rasakan ketika menikmatinya seperti menstimulasi otak, mengurangi kecemasan, meningkatkan memori, dan lain-lain.

Meski hubungan musik dan aktivitas otak masih memerlukan kajian secara mendalam, para peneliti telah menduga bahwa musik yang Anda dengarkan memaksa otak untuk bekerja sama kerasnya ketika Anda mempelajari suatu bidang atau merancang bangunan.

Baca Juga: Akibat Badai Pasir Berbahaya, Matahari di Beijing Terlihat Berwarna Biru dan Langitnya Berwarna Kuning

Baca Juga: Bikin Heboh! Nissa Sabyan Dikabarkan Sedang Hamil, Mbah Mijan: Alhamdulillah Mbah Bentar Lagi Punya Cucu BaruBaca Juga: Bio Farma Ungkap Lebih Efiesien Impor Bahan Baru Dibandingkan Impor Vaksin Jadi Siap Pakai, Ini Alasannya

Seringkali orang pada zaman dahulu menganggap musik klasik sebagai genre musik yang paling ampuh dan superior untuk meningkatkan level kecerdasan otak.

Faktanya, penelitian terbaru menunjukkan bahwa genre musik apapun yang Anda nikmati tetap mampu membawa manfaat bagi otak ketika Anda mendengarkannya.

Dilansir Kabar Besuki dari SehatQ, berikut ini beberapa manfaat yang Anda peroleh dari mendengarkan musik yang bisa Anda rasakan, antara lain:

  1. Memperbaiki Suasana Hati

Ketika musik masuk ke telinga, gelombang suara yang dihasilkannya akan merangsang otak untuk melepas dopamin (zat kimia yang menciptakan rasa bahagia), sehingga banyak terapis yang menganjurkan Anda mendengarkan musik sebagai cara untuk menghilangkan stres.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: sehatq


Tags

Terkini

x