Akhirnya! Kapal Ever Given Berhasil Dievakuasi dari Jalur Terusan Suez, Lalu Lintas Perairan Kembali Normal

- 31 Maret 2021, 07:00 WIB
foto: kapal Ever Given (Evergreen) terjebak di jalur Terusan Suez
foto: kapal Ever Given (Evergreen) terjebak di jalur Terusan Suez /Prasetyo Bagus P/ /kee-torn/offshore-techology.com

KABAR BESUKI – Pengiriman jalur perairan kembali bergerak pada Senin 29 Maret 2021 malam di Terusan Suez Mesir, karena kapal kontainer raksasa Ever Given yang telah memblokir jalur tersebut selama hampir seminggu, menyebabkan penumpukan kapal-kapal besar di sekitar jalur perairan.

Kapal Kontainer Ever Given dengan panjang 400 meter (430 yard) copot, diperkirakan 113 kapal bertumpu dan akan transit di jalur kanal dari kedua arah pada Selasa 30 maret 2021 pagi, kata ketua Otoritas Terusan Suez (SCA) Osama Rabie kepada wartawan.

Ever Given terdampar secara diagonal di bagian selatan kanal sehingga menutup penuh jalur kanal, akibat angin kencang pada awal 23 Maret, rute tersebut termasuk rute pengiriman terpendek antara Eropa dan Asia.

Baca Juga: Kontrol Kemudi Rusak, Lion Air Rute Surabaya-Banjarmasin Putar Balik Usai Terbang 20 menit

Baca Juga: Imbas Skandal Real Estate, Sejumlah Pejabat Pembantu Presiden Korea Selatan Moon Jae In Mundur Teratur

Evergreen Line, yang menyewa Ever Given, mengatakan kapal tersebut akan diperiksa kelayakannya di Danau Great Bitter, yang memisahkan dua bagian kanal.

"Kapal itu siap untuk navigasi terbatas setelah pemeriksaan awal dan tidak ada satupun peti kemas yang rusak, tapi penyelidikan kedua akan lebih tepat dan jika terpengaruh akan terlihat," kata Rabie.

Saat Senin pagi, petugas penyelamat dari SCA bekerja dengan tim dari perusahaan Belanda Smit Salvage untuk mengevakuasi dan meluruskan jalur pada kanal.

Setelah beberapa jam, kapal itu akhirnya bergeser dan kembali dapat melintasi kanal sebelum bermanuver bebas saat air pasang berubah.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: REUTERS


Tags

Terkini