10 Fakta Menarik Tentang Kepribadian, Ternyata Lingkungan dan Kelahiran Mempengaruhi Kepribadian Anda

- 31 Maret 2021, 10:05 WIB
Lingkungan menyatukan kepribadian/Pexels/Craig Adderley
Lingkungan menyatukan kepribadian/Pexels/Craig Adderley //Dewantara/

KABAR BESUKI - Kepribadian membuat kita menjadi diri kita sendiri. Itu mempengaruhi hampir setiap aspek kehidupan kita termasuk apa yang kita pilih untuk hidup, bagaimana kita berinteraksi dengan keluarga, dan beberapa pilihan lain di hidup kita.

Karena kepribadian adalah topik yang sangat menarik, ini telah menjadi salah satu topik yang paling banyak diteliti dalam psikologi.

Psikolog telah belajar banyak tentang hal-hal yang mempengaruhi kepribadian serta bagaimana kepribadian mempengaruhi perilaku kita.

 Baca Juga: Dua Titik Api di Kilang Minyak Balongan Akhirnya Telah Berhasil Dipadamkan Menggunakan Alat Ini

  1. Pengaruh Lahir Pada Kepribadian

Beberapa studi empiris menemukan bahwa hal-hal seperti urutan kelahiran dan ukuran keluarga memang berdampak pada kepribadian.

Studi lain yang diterbitkan dalam jurnal PNAS (Proceedings of the National Academy of Sciences) menunjukkan bahwa banyak stereotip yang terkait dengan urutan kelahiran, seperti anak sulung yang suka memerintah atau anak terakhir yang tidak bertanggung jawab, tidak selalu berlaku.

 Baca Juga: Ternyata! Kasus COVID-19 Pertama di China Bukan Karena Kebocoran Laboratorium, Tetapi Karena Hal Ini

Studi ini menemukan bahwa anak-anak sulung cenderung mendapat skor lebih baik pada tes kecerdasan, mereka juga melihat bagaimana urutan kelahiran memengaruhi informasi yang dilaporkan sendiri pada lima dimensi kepribadian.

  1. Kepribadian Relatif Stabil

Dalam studi kepribadian jangka panjang, beberapa bagian paling inti dari kepribadian tetap stabil sepanjang hidup.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Very Well Mind


Tags

Terkini

x