Nadiem Makarim Pastikan Siswa Kurang Mampu Berkesempatan Kuliah Lewat Berbagai Jalur Seleksi untuk Terima KIP

- 31 Maret 2021, 10:17 WIB
Kemendikbud Nadiem Anwar Makarim.
Kemendikbud Nadiem Anwar Makarim. /Instagram/@nadiemmakarim/

KABAR BESUKI - Terkait penerimaan Mahasiswa Baru tahun 2021, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim memastikan bagi calon mahasiswa yang kurang mampu tidak perlu ragu untuk mendaftarkan diri berkuliah karena tersedia beberapa kesempatan untuk menjadi penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka.

“Saya ingin mengundang para mahasiswa yang mungkin sekarang belum yakin dalam melakukan registrasi untuk UTBK, SBMPTN, inilah saatnya meraih masa depan. Segera registrasi, karena ada berbagai macam jalur,” tutur Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim dalam peluncuran program Merdeka Belajar Episode Kesembilan: KIP Kuliah Merdeka, secara daring dikutip Kabar Besuki dari laman resmi Kemendikbud pada 31 Maret 2021

Baca Juga: Bank Mandiri Nonaktifkan Kartu Debit Magnetic Stripe Secara Bertahap, Nasabah Dihimbau Segera Ganti ke Chip

Untuk tahun ini, calon mahasiswa dapat mendaftar KIP Kuliah Merdeka melalui tiga jalur seleksi, yakni Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN), seleksi mandiri perguruan tinggi negeri (PTN), dan melalui seleksi masuk perguruan tinggi swasta (PTS).

Informasi pendaftaran melalui tiga jalur seleksi tersebut tersedia di laman resmi KIP Kuliah, yakni https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Pada jalur seleksi UTBK-SBMPTN, batas waktu pendaftaran adalah sampai dengan 1 April 2021. Kemudian, bagi siswa kurang mampu yang tidak lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan SBMPTN, maka dapat mendaftar KIP Kuliah Merdeka melalui jalur seleksi mandiri PTN. Seleksi pada jalur ini dimulai pada bulan Agustus hingga Oktober 2021.

Baca Juga: Terusan Suez Kembali Dibuka, Harga Minyak Justru Turun Satu Persen pada Akhir Perdagangan Selasa

Bagi siswa kurang mampu yang berminat masuk ke PTS dapat mendaftar KIP Kuliah Merdeka melalui jalur seleksi masuk PTS yang dilakukan kapan saja hingga masa pendaftaran PTS selesai.

Pekiraan masa pendaftaran adalah hingga bulan Oktober 2021. Hal ini bergantung kepada jadwal seleksi masuk setiap PTS.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Kemendikbud


Tags

Terkini

x