Cek Daftar Wilayah, Sejumlah Daerah di Indonesia Diperkirakan Berpotensi Hujan Lebat Disertai Angin

- 2 April 2021, 08:55 WIB
 tangkapan layar YouTube BMKG
tangkapan layar YouTube BMKG /BMKG

KABAR BESUKI - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan himbauan berupa peringatan dini ke sejumlah wilayah di Indonesia yang berpotensi hujan deras disertai petir dan angin kencang pada Jumat 2 April 2021.

Melalui peringatan dini cuaca, BMKG memprediksikan daerah-daerah yang kemungkinan akan mengalami hujan lebat disertai sambaran petir dan angin kencang, seperti Aceh, Bali, Bengkulu, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat (Jabar), Jawa Timur (Jatim), Kalimantan Utara ( Kaltara), Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Tengah (Kalteng), Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Selatan (Kalsel).

Kemudian Lampung, Maluku, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Selatan (Sulsel), Sulawesi Tenggara (Sulawesi Tengah), Sulawesi Utara (Sulut), Sumatera Barat (Sumatera Barat), Sumatera Selatan (Sumsel), Papua dan Papua Barat.

Baca Juga: Godzilla vs Kong, Siapa yang Punya Kotoran Lebih Besar? Inilah Jawabannya dari Sudut Pandang Sains

Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, BMKG mengimbau masyarakat waspada akan potensi hujan disertai petir / petir di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, dan Kepulauan Seribu pada malam dan dini hari.

Sedangkan di Jawa Barat, hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di Bogor, Depok, Bekasi, Sukabumi, Cianjur, Purwakarta, Tasikmalaya, Ciamis, Bandung Raya, Cimahi, Kuningan, Garut, Banjar, Sumedang, Pangandaran dan Majalengka siang / sore hingga dini hari.

Guswanto selaku Deputi Bidang Meteorologi BMKG juga memberikan himbauan kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi kondisi cuaca ekstrem pada masa transisi dari musim hujan ke musim kemarau.

Baca Juga: Menurut Studi: Pasangan Bertemu dari Aplikasi Kencan Seperti Tinder Bisa Jalani Hubungan Lebih Lama

Ia mengatakan ciri umum kondisi cuaca selama masa transisi musiman adalah kondisi cuaca yang relatif cepat berubah.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x