Menjelang Paskah, Simak Makna Jumat Agung yang Jatuh Pada Hari Ini 2 April 2021

- 2 April 2021, 11:14 WIB
 Paskah 2021
Paskah 2021 /pixabay/ ambroz

KABAR BESUKI – Hari ini bertepatan dengan peringatan hari wafatnya Isa Al Masih atau Yesus Kristus. Umat Kristiani biasa menyebut ini sebagai Jumat Agung.

Apa itu Jumat Agung dan mengapa Jumat Agung disebut ‘agung’ atau ‘baik’ (dalam bahasa inggris disebut good Friday) ketika itu adalah peristiwa yang gelap dan suram untuk memperingati hari penderitaan dan kematian Yesus?

Bagi orang Kristen, Jumat Agung adalah hari penting dalam setahun karena merayakan apa yang diyakini sebagai akhir pekan paling penting dalam sejarah dunia. Sejak Yesus mati dan dibangkitkan, orang Kristen telah memproklamasikan salib dan kebangkitan Yesus sebagai titik balik yang menentukan bagi semua ciptaan.

Baca Juga: Mengejutkan! Pria Ini Nekat Bawa Senjata Tajam Trobos Masuk Masjidil Haram Sambil Lakukan Hal Ini

Paulus menganggap itu sebagai ‘yang terpenting’ bahwa Yesus mati untuk dosa-dosa umatnya, dikuburkan, dan dibangkitkan pada hari ketiga, semua sesuai dengan apa yang telah dijanjikan Tuhan selama ini dalam Kitab Suci (1 Korintus 15: 3).

Pada hari Jumat Agung umat Kristiani mengingat hari ketika Yesus dengan rela menderita dan mati disalib sebagai korban terakhir untuk dosa-dosa kita (1 Yohanes 1:10).

Ini diikuti oleh Paskah, perayaan mulia hari Yesus dibangkitkan dari kematian, mengumumkan kemenangannya atas dosa dan kematian dan menunjuk ke depan untuk kebangkitan di masa depan bagi semua orang yang dipersatukan dengannya oleh iman (Roma 6: 5).

Baca Juga: Sadis! Deretan Aksi Bom Bunuh Diri di Indonesia yang Membuat heboh Nusantara

Mengapa disebut ‘Jumat Agung’?

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Christianity


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x