Rancangan Grand Design Menpora RI Zainudin Amali demi Meningkatkan Prestasi Olahraga Indonesia

- 4 April 2021, 09:39 WIB
Foto: Zainudin Alamali (kanan) Menprora RI.
Foto: Zainudin Alamali (kanan) Menprora RI. /Dicky S//Instagram/@jemmydarusman

KABAR BESUKI - Grand Design atau Desain Besar Keolahragaan Nasional yang tengah dirancang Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mendapat dukungan dari Badan Legislasi (Baleg) Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI). 

Anggota Baleg DPR Lamhot Sinaga mengapresiasi upaya-upaya Menpora Amali dalam meningkatkan prestasi olahraga dan menyusun pola pembinaan atlet jangka panjang yang dimulai di usia dini. 

"Pertama cukup bagus sekali dari paparan Pak Menpora, yang paling menarik bagi saya itu adalah bahwa ternyata sudah ada (disusun) peta jalan olahraga nasional," kata Lamhot Sinaga saat menanggapi paparan Menpora Amali dalam rapat kerja dengan Baleg DPR membahas pengharmonisasian, pembulatan dan pemantapan konsepsi RUU tentang perubahan atas UU Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional (SKN), di Ruang Baleg DPR, Nusantara I, Senayan Jakarta Pusat, Kamis, 1 April 2021. 

Baca Juga: Luncurkan Aplikasi Jaga Stranas PK, Indonesia Siap Berantas Tuntas Para Koruptor 'Penguras Uang Negara'

Lamhot juga menyampaikan apresiasi karena dalam desain olahraga nasional ini tidak hanya menyusun pola pembinaan atlet, tapi juga ada target-target jangka pendek dan jangka panjang Olimpiade. Bahkan pada Olimpiade dan Paralimpiade 2045 nanti, Indonesia ditargetkan menempati posisi 5 besar. 

"Mungkin itu adalah menjadi kado terbesar 100 tahun usia satu abad republik ini, target 5 besar. Artinya bagaimana menuju ke sana menuju satu abad republik ini, kita bisa mencapai target tadi apa yang disampaikan oleh Pak Menpora tadi tentu adalah pintu masuknya adalah undang-undang ini," ungkapnya. 

Oleh karena itu, dia mendukung UU SKN ini untuk memperkuat desain besar olahraga nasional dengan mengatur hal-hal yang bersifat substansial termasuk soal dukungan anggarannya. 

"Mungkin nanti perlu kita rumuskan kemudian kita perkuat dalam substansi undang-undangnya dan kemudian kalau kita kaitkan juga bahwa olahraga itu bukan kost tapi adalah investasi," jelasnya. 

Baca Juga: Bupati Banyuwangi Serukan Perempuan Indonesia Harus Lawan Ekstrimisme Kekerasan dalam Forum Solidaritas

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Kemenpora.go.id


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x