Sebentar Lagi Beroperasi, Jalur Layang KA ke BIY Ditargetkan Selesai Agustus 2021

- 6 April 2021, 18:57 WIB
Ilustrasi kereta api milik PT KAI.
Ilustrasi kereta api milik PT KAI. /Dok.PT KAI

KABAR BESUKI - Jalur layang kereta api penghubung Stasiun Kedundang dan Bandara Internasional Yogyakarta ditargetkan beroperasi pada pertengahan Agustus 2021 oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Kata Direktur Prasarana Perkeretaapian Ditjen Perkeretaapian Kemenhub Heru Wisnu Prabowo, "Saat ini pembangunan jalur layang KA tersebut terus dilakukan dan kemajuannya sudah mencapai 86 persen," dilansir dari situs Antara, pada Selasa 6 April 2021.

Pihaknya mengatakan tentang betapa pentingnya jalur layang KA ke BIY di Kulonprogo. Lokasi yang strategis untuk mempercepat perjalanan menuju kota Yogyakarta.

Dia menambahkan bahwa jika menggunakan mobil melalui jalan raya dari Yogyakarta bisa ditempuh dalam waktu 1,5 jam.

Baca Juga: Fakta Megahnya Pernikahan Atta dan Aurel hingga Hadirkan Sejumlah 4 Moment Spektakuler Ini

"Tapi nanti kalau menggunakan kereta api hanya 45 menit. Jadi jauh lebih efisien dari segi waktu," imbuhnya.

Dijelaskan manfaat yang akan didapat dari keberadaan KA itu adalah peningkatan konentiviras antarmoda, juga kapasitas daya angkut penumpang

"Keberadaan KA juga akan menghubungkan tiga bandara besar yang ada di Jateng dan DIY yaitu dengan Bandara Adi Sucipto di Yogyakarta dengan Bandara Adi Soemarmo di Boyolali/Surakarta," ungkap Heru.

Baca Juga: Seorang Pria Warga Filipina Dikabarkan Tewas, Diduga Melakukan 300 Squat Setelah Melanggar Jam Malam

Anggaran sejumlah Rp1,1 triliun untuk pembangunan jalur layang KA dipaparkan oleh Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, dengan jangka waktu multi years 2019-2021.***

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x