Pelaksanaan UTBK 2021: Universitas Indonesia Siapkan Ruangan Khusus Bagi para Penyandang Disabilitas

- 12 April 2021, 19:54 WIB
Pelaksanaan UTBK di Universitas Indonesia./Instagram/univ.indonesia
Pelaksanaan UTBK di Universitas Indonesia./Instagram/univ.indonesia //Gisel/

KABAR BESUKI – Dalam rangka mendukung penyandang disabilitas untuk melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) tahun 2021, Universitas Indonesia (UI) menyiapkan ruang khusus bagi penyandang disabilitas yang ikut ujian.

"Peserta disabilitas (tuna daksa), pada saat pendaftaran peserta telah dialokasikan untuk berada di dua lokasi, yakni di Gedung Fakultas Ilmu Komputer Lama, dan Gedung Delapan Fakultas Ilmu Budaya di mana ruang ujian berada di lantai satu dan akses untuk disabilitas memadai," kata Ketua Pusat UTBK UI Prof. Dr. rer. Nat. Abdul Haris dalam keterangan di Kampus UI, Depok, Jawa Barat, dikutip Kabar Besuki  dari laman ANTARA pada 12 April 2021.

Menurut Abdul Haris, penyelenggaraan tes untuk peserta disabilitas (tuna netra) akan dilaksanakan pada hari Kamis (15/4) 2021. Tercatat, terdapat delapan peserta disabilitas tuna netra yang mendaftar untuk pelaksanaan UTBK di UI.

Baca Juga: Setelah Sidang Isbat, Pemerintah Tetapkan Awal Ramadhan Jatuh Pada Tanggal 13 April 2021

"Pada pelaksanaan ujian, UI akan menyiapkan petugas yang akan mendampingi dan perlengkapan ujian yang sudah diberikan oleh LTMPT," ujarnya.

Sementara itu, UTBK yang diselenggarakan di masa pandemi COVID-19 ini, dalam pelaksanaannya merujuk pada Rekomendasi Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Depok dan Jakarta. Peserta UTBK dan panitia di Kampus UI Depok dan Salemba harus dalam keadaan sehat, tidak mengalami gejala penyakit, khususnya gejala Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) seperti batuk, pilek, demam, dan gangguan napas.

Selain itu, peserta wajib mengenakan masker kesehatan -- bukan masker kain --, hasil pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki tempat ujian kurang atau sama dengan 37.3° Celcius.

Baca Juga: Dalam Pandemi COVID-19 Ormas Islam di Banyuwangi Beri Himbauan Kepada Seluruh Umat Islam, Begini Isinya

Sebelum memasuki ruang ujian disarankan untuk mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir atau penyanitasi tangan yang tersedia di lokasi ujian atau membawa pribadi; selama berada di dalam lingkungan Kampus UI Depok para peserta maupun panitia juga dianjurkan menjaga jarak fisik minimal 1.5 meter dan menghindari kerumunan.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x