Indonesia Merasa Puas dengan Efektivitas Vaksin COVID-19 dari China

- 13 April 2021, 13:01 WIB
Ilustrasi Vaksin Covid-19
Ilustrasi Vaksin Covid-19 /Pixabay/

KABAR BESUKI - Indonesia mengatakan pada Senin 12 April 2021, bahwa pihaknya puas dengan efektivitas vaksin virus korona Sinovac yang digunakannya, setelah pengakuan pejabat pengendalian penyakit China atas bahwa vaksin saat ini menawarkan perlindungan yang rendah terhadap virus.

Siti Nadia Tarmizi, juru bicara program vaksin COVID-19 Indonesia, mengatakan Organisasi Kesehatan Dunia telah menemukan vaksin China telah memenuhi persyaratan dengan efektifitas lebih dari 50 persen. Dia mencatat bahwa uji klinis untuk vaksin Sinovac di Indonesia menunjukkan bahwa vaksin itu efektif 65 persen.

Artinya kita berbicara tentang kemampuan pembentukan antibodi di tubuh kita masih sangat baik, ujarnya.

Baca Juga: Jepang Akan Melepaskan Lebih dari 1 Juta Ton Air yang Terkontaminasi dari Stasiun Nuklir Fukushima ke Laut

Baca Juga: Ruang ICU di Rumah sakit Ontario Penuh! Karena Jumlah Pasien Positif Covid-19 Meningkat Drastis

Baca Juga: Kasus Positif Covid-19 Semakin Tinggi, Hal Ini Membuat Kamar Rawat Inap Naik untuk Minggu Kedua Berturut-Turut

Gao Fu, kepala Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China, mengatakan pada konferensi hari Sabtu bahwa vaksin COVID-19 yang ada memiliki tingkat keefektifan yang rendah dan pencampuran vaksin adalah salah satu strategi yang dipertimbangkan untuk meningkatkan keefektifannya. 

Komentar itu tampaknya bertentangan dengan narasi resmi China yang telah mencoba mempromosikan vaksin negara itu dan terkadang mendiskreditkan rekan-rekan Baratnya.

China telah mendistribusikan ratusan juta dosis vaksin buatan dalam negeri ke luar negeri dan mengandalkannya untuk kampanye imunisasi massal.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: channelnewsasia


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x