Menurut Ilmuwan: Virus-Virus Ini Berpotensi Sebabkan Pandemi di Masa Depan, Simak Ulasannya

- 14 April 2021, 12:53 WIB
ILUSTRASI Kelelawar,
ILUSTRASI Kelelawar, /Choirun N/*/PIXABAY

KABAR BESUKI - Sebuah alat berbasis online terbaru mampu memberi peringkat untuk virus berdasarkan kemampuannya untuk berpindah dari hewan ke manusia, yang berpotensi menyebabkan pandemi selanjutnya.

Alat ini, yang dinamakan SpillOver pada dasarnya membuat sebuah daftar pantauan dari virus hewan yang dapat menyebabkan ancaman bagi kesehatan manusia.

Zoe Grange selaku pemimpin pengembangan SpillOver mengatakan jika SARS-CoV-2 hanyalah satu contoh dari ribuan virus di luar sana yang berpotensi menyebar dari hewan ke manusia.

"Kami tidak hanya mengidentifikasi, tetapi juga memprioritaskan ancaman virus dengan risiko penyebaran terbesar sebelum pandemi dahsyat lainnya terjadi," kata Grange.

Baca Juga: Menilik Kisah Michael Jordan, Berhasil Terkenal Karena Kisah Pilu Setelah sang Ayah Alami Hal Ini

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan oleh SpillOver, ditemukan sekitar 250 virus yang dikenal sebagai "zoonosis", yang berarti mereka telah menyebar atau menular dari hewan ke manusia. Selain itu diperkirakan lebih dari 500.000 virus memiliki potensi menular dari hewan ke manusia.

Namun, tidak semua virus dapat melompat dari hewan ke manusia, dengan begitu para ilmuwan membuat sebuah daftar skor setiap virus untuk menilai dan membandingkan risiko penularannya terhadap manusia.

Untuk mendapatkan skor, alat tersebut mempertimbangkan 32 faktor risiko yang terkait dengan virus dan inangnya, seperti berapa banyak spesies hewan yang terinfeksi virus dan seberapa sering manusia berinteraksi dengan hewan liar di area tempat virus terdeteksi.

Baca Juga: Ubah Mindset Jarang Mandi Itu Baik! Gunakan Sabun Saat Mandi dengan Gosok 3 Bagian Ini, Lebih Menyehatkan

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Live Science


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x