Gempa Lagi! BMKG Nyatakan Gempa Bumi 5,1 SR di Selatan Pulau Jawa Termasuk Jenis Dangkal

- 14 April 2021, 16:00 WIB
Ilustrasi pengukur gempa
Ilustrasi pengukur gempa /Gisela R/Pixabay/Tumisu

KABAR BESUKI – Telah terjadi gempa Bumi tektonik bermagnitudo 5,1 di selatan Pulau Jawa yang diakibatkan aktivitas subduksi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Rabu siang. Gempa tersebut terjadi pukul 13.28.40 WIB, dengan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 7,4 LS dan 105,92 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 83 km arah Barat Daya Kota Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 21 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault )," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno di Jakarta, dikutip Kabar Besuki dari laman ANTARA pada 14 April 2021.

Baca Juga: Sering Dilakukan, 5 Kesalahan Membersihkan Rumah Ini Justru Malah Bikin Makin Kotor

Baca Juga: Coba Sekarang! Ini 5 Rekomendasi Jenis Makanan yang Bermanfaat untuk Kesehatan Pankreas Anda

Baca Juga: Prediksikan Siklon Tropis Berkembang Jadi Angin Topan, BMKG Minta Masyarakat Waspada Potensi Banjir Bandang

Dari hasil analisis yang tengah dilakukan oleh BMKG dalam informasi pendahuluan menunjukkan gempa bumi tersebut memiliki magnitudo M=5,1 kemudian diperbarui menjadi magnitudo M=4,9.

Sementara itu, guncangan gempa bumi tersebut dirasakan di daerah Kalapanunggal, Cisaat Kab. Sukabumi III MMI

Diketahui bahwa getaran yang ada di darah Kalapanunggal dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: antaranews


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x