Masyarakat Tidak Perlu Khawatir, Kemenkes Pastikan Vaksinasi COVID-19 Aman Dilakukan Saat Puasa

- 14 April 2021, 16:15 WIB
ilustrasi vaksinasi
ilustrasi vaksinasi /Aliefia R/user : freepik

KABAR BESUKI – Selama periode Bulan Ramadhan, Kementerian RI menyatakan bahwa vaksinasi Covid-19 masih terus dilaksanakan oleh pemerintah.

Hal ini dilakukan dengan tujuan demi menekan penyebaran virus membahayakan tersebut.

Sehubungan dengan keputusan tersebut, Juru Bicara Vaksinasi Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi, vaksinasi Covid-19 di bulan puasa tidak akan menurunkan kesehatan seseorang. Hingga kini belum ada penelitian terkait dampak pemberian vaksinasi dikala seseorang sedang berpuasa.

Baca Juga: Makin Runyam, Karir Seo Ye Ji di Dunia Hiburan Terancam Mengalami Krisis Pasca Diterpa Isu Kontroversial

Para ahli juga berpendapat, pemberian vaksin saat puasa tidak berpengaruh buruk terhadap kesehatan. Tubuh disinyalir menjadi lebih sehat, kesehatan pun meningkat.

"Kita tahu hampir semua vaksin Covid-19 semuanya adalah vaksin baru. Banyak juga yang belum kita miliki data terkait apakah sudah ada penelitian yang mendukungnya (puasa dan vaksinasi Covid-19)," terang Nadia di Gedung Kemenkes RI, Jakarta, dikutip Kabar Besuki dari laman PMJ News pada 14 April 2021.

Ia juga menjelaskan bahwa proses vaksinasi selama puasa tidak akan mengganggu sebab kondisi berpuasa merupakan sebuah proses detoksifikasi yang justru sebagai upaya menjaga kesehatan.

"Tapi secara umum dari kajian para ahli, proses puasa sebenarnya proses detoksifikasi ya, membersihkan selama ini kotoran-kotoran ataupun zat-zat yang tidak bermanfaat di dalam tubuh kita selama satu bulan. Dari segi kesehatan, puasa adalah salah satu upaya menjaga kesehatan." Sambungnya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sehari-hari Ini Ternyata Berdampak Buruk Bagi Kesehatan, Salah Satunya Duduk Terlalu Lama

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: PMJNews


Tags

Terkini

x