Muncul Isu Reshuffle, Sejumlah Menteri dari Rombakan Kabinet Indonesia Maju Dapat Sentimen Positif Pemberitaan

- 16 April 2021, 04:51 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno memperoleh pemberitaan
Menparekraf Sandiaga Uno memperoleh pemberitaan /Rianti S/Instagram: @sandiuno

KABAR BESUKI - Semenjak perombakan Kabinet Indonesia Maju yang pertama pada 23 Desember 2020 tahun lalu, sejumlah menteri terpilih dan menteri tetap seringkali muncul dalam pemberitaan media mengenai kinerja menteri.

Tampaknya, perombakan kabinet Presiden Jokowi ini membuahkan hasil yang baik. Buktinya adalah empat dari enam menteri terpilih yang menggantikan menteri sebelumnya, masuk dalam daftar sentimen positif pemberitaan media yang dirilis oleh Perusahaan Intelijen Media Indonesia Indicator.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Divisi Riset Indonesia Indicator, Fanny Chaniago dalam keterangan tertulis yang diperoleh pada Kamis 15 April 2021 di Jakarta, seperti dikutip Kabar Besuki dari Antara.

Baca Juga: Larangan Operasional Rumah Makan di Siang Hari Selama Bulan Ramadhan, Kemenag: Terlalu Berlebihan

Baca Juga: Aksi Kemanusiaan Bagi Takjil Diselenggarakan Polsek Gambiran, Serta Edukasi Patuh Prokes

Pengadaan riset ini untuk menunjukkan konten positif yang memberitakan kinerja para menteri. Dengan begitu, publik akan tahu kontribusi menteri terhadap program kerja dan bagaimana media membangun citra seorang menteri di Indonesia.

Indonesia Indicator memperoleh data sentimen positif terhadap beberapa tokoh menteri melalui piranti lunak kecerdasan buatan (AI). 

Fanny mengatakan jika riset ini dilakukan dengan menggunakan kata kunci nama-nama menteri, dan sistem AI akan mengidentifikasi pemberitaan mengenai individu terkait.

Data-data tersebut diperoleh mulai dari 24 Desember 2020 hingga 12 April 2021. Awal pengambilan data tersebut bertepatan dengan momentum reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang pertama pada 23 Desember 2020 lalu.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

x