Wudhu Sebelum Tidur Ternyata Miliki Sederet Manfaat Baik Bagi Tubuh, Diantaranya Bikin Tidur Lebih Nyenyak

- 17 April 2021, 15:27 WIB
Ilustrasi orang melakukan wudhu saat puasa
Ilustrasi orang melakukan wudhu saat puasa /Pixabay/İbrahim Mücahit Yıldız

KABAR BESUKI – Berwudhu merupakan kegiatan membersihkan atau menyucikan diri dari hadas dan kotoran. Berwudhu bukan hanya dilakukan ketika menjelang sholat, akan tetapi juga bisa dilakukan sebelum tidur.

Menurut islam, berwudu sebelum tidur dapat emmbuat tubuh menjadi lebih tenang dan nyaman. Pasalnya, wudhu sebelum tidur dapat membuat seseorang tidur dalam keadaan suci sehingga dilindungi oleh malaikat dari keburukan.

Nabi Muhammada SAW ternyata juga melakukan wudhu sebelum tidur. Hal ini menjadi kebiasaan baik serta memberikan banyak manfaat bagi orang yang melakukannya.

Seperti diriwayatkan oleh Ibhu Hibban, Rasulullah SAW bersabda, “ barang siapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka malaikat akan emngikuti, lalu ketika ia bangun niscaya malaikat akan berucap; Ya Allah ampunilah hambamu si fulan, karena ia tidur di malam hari dalam keadaan suci.” (HR. Ibnu Hibban dan Ibnu Ummar r.a)

 Baca Juga: Sering Disepelekan, Redakan Sakit dan Nyeri Punggung dengan Cara Seperti Ini Ternyata Tidak Boleh Dilakukan

Tak hanya tidur dalam keadaaan suci dan didampingi oleh malaikat selamat tidur, wudu sebelum tidur ternyata memiliki berbagai manfaat baik bagi tubuh.

Dilansir Kabar Besuki  dari dalamislam.com, berikut beberapa manfaat lain dari berwudhu sebelum tidur.

  1. Merileksasi Otot

Wudhu sebelum tidur dapat membuat otot-otot tubuh menjadi lebih rileks dan nyaman. Hal ini juga dibuktilan pada ilmu kedokteran yang membuktikan bahwa, air dalam wudhu yang dilakukan umat muslim adalah cara untuk mengendurkan otot kaku karena lelah beraktivitas seharian penuh.

  1. Mencerahkan Kulit Wajah

Wudhu juga dapat mencerahkan kulit wajah. pasalnya, wudhu akan menghilangkan kotoran yang melekat pada wajah sehingga wajah akan terlihat lebih bersih dan cerah saat bangun pagi.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Dalam Islam


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah