Menurut Dokter, Vaksinasi Tidak Akan Ganggu Kekebalan Tubuh Seseorang Saat Puasa

- 18 April 2021, 08:46 WIB
Ilustrasi vaksin COVID-19
Ilustrasi vaksin COVID-19 /Gisela R/Pixabay/fernandozhiminaicela

KABAR BESUKI – Menurut dokter umum lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr. Yoana Periskila, MKK, orang yang melakukan vaksinasi COVID-19 pada saat berpuasa akan tetap memiliki kekebalan tubuh yang sama dengan mereka yang dapat vaksin ketika tidak puasa.

“Puasa hanya menggeser waktu makan dan aktivitas yang dilakukan tetap sama. Justru banyak yang berpuasa lebih sehat dibanding saat tidak puasa karena jam makan ketika berpuasa lebih teratur,” ujar dr. Yoana Periskila, MKK, dalam siaran resmi, dikutip Kabar Besuki dari laman ANTARA pada 18 April 2021

Yoana mengatakan bahwa masyarakat diperbolehkan melakukan vaksinasi COVID-19 walaupun sedang berpuasa.

Baca Juga: Tidak Hadir dalam Pemakaman Pangeran Philip, Meghan Markle Saksikan Pemakaman dari Rumah

Baca Juga: Ramalan Zodiak Cinta Anda 18 April 2021, Scorpio: Cinta yang Baik Begitu Indah Bagi Jiwa

Baca Juga: Hebat! KPK Sudah Menangani Kasus Suap pada Pelaku Usaha di Indonesia Sebanyak 704 dari 1.071 Perkara

“Hal tersebut sudah diinformasikan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam fatwanya telah menegaskan vaksinasi COVID-19 tidak membatalkan puasa karena vaksin disuntikkan dan tidak melalui lubang tertentu pada manusia,” tuturnya.

Ia juga menyarankan apabila ada orang yang harus disuntik vaksin COVID-19 namun dia merasa lemas akibat puasa, maka peserta tersebut sebaiknya langsung beristirahat dan tidak melakukan aktivitas-aktivitas berat yang menguras tenaga.

Peserta yang akan divaksin saat berpuasa di bulan Ramadhan juga diharapkan untuk mempersiapkan diri dengan mengonsumsi makanan dan minuman dengan gizi seimbang saat sahur dan berbuka puasa.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x