Jika Anda Menyadari Hal Ini di Kulit Anda, Anda Bisa Berisiko Mengalami 13 Kanker

- 22 April 2021, 02:32 WIB
Ilustrasi kulit
Ilustrasi kulit /PIXABAY/

KABAR BESUKI - Ada lebih dari seratus jenis kanker, dan bahkan lebih banyak faktor yang dapat membuat Anda berisiko terkena salah satu penyakit ini, menurut National Institutes of Health.

Ada beberapa faktor risiko umum untuk semua jenis kanker yang cukup terkenal, seperti merokok, obesitas, dan riwayat penyakit dalam keluarga. Namun, menurut penelitian yang luas, Anda mungkin juga ingin melihat kulit Anda dan bukan hanya untuk kanker kulit.

Jika Anda melihat ada sesuatu yang muncul pada kulit Anda, Anda dapat meningkatkan risiko untuk beberapa jenis kanker 13, sebenarnya.

Baca Juga: Spesial Ramadhan, Palang Merah Indonesia Jember Ajak Masyarakat Sedekah Darah untuk yang Membutuhkan

Orang dengan psoriasis memiliki peningkatan risiko mengembangkan 13 jenis kanker

Beberapa penelitian telah menentukan bahwa psoriasis kondisi kulit yang menyebabkan bercak merah bersisik di tubuh Anda merupakan faktor risiko banyak kanker.

Penelitian terbaru tentang topik ini adalah tinjauan tahun 2019 dari 58 penelitian yang diterbitkan di JAMA Dermatology, yang menemukan bahwa orang dengan psoriasis 18 persen lebih mungkin mengembangkan kanker dibandingkan dengan mereka yang tidak menderita psoriasis.

Secara khusus, penelitian tersebut menemukan bahwa orang dengan psoriasis memiliki risiko tinggi terkena limfoma, kanker kulit nonmelanoma (keratinosit), kanker esofagus, kanker hati, dan kanker pankreas.

Penelitian sebelumnya juga telah menentukan risiko terkait dengan lebih banyak kanker. Menurut satu studi 2013 yang diterbitkan dalam British Journal of Dermatology , para peneliti menemukan bahwa orang dengan psoriasis juga sangat berisiko terkena kanker rongga mulut, laring, faring, usus besar, paru-paru, dan ginjal.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Best Life Online


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x