Memperingati Hari Bumi 22 April, Berikut Sejumlah Upaya Indonesia dalam Menjaga Iklim Bumi Tetap Terkendali

- 22 April 2021, 11:43 WIB
Ilustrasi papan ketika memperingati hari bumi
Ilustrasi papan ketika memperingati hari bumi /Rianti s/pexels.com/ Markus Spiske

KABAR BESUKI - Hari Bumi Internasional jatuh setiap tanggal 22 April 2021 setiap tahunnya. Ajang tahunan yang diselenggarakan untuk memperingati pentingnya menjaga bumi ini di diapresiasi oleh pemerintah di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Indonesia juga dalam beberapa kesempatan telah ikut berkomitmen menanggulangi perubahan iklim yang nyata dan sedang terjadi di planet Bumi.

Sejumlah inovasi dan strategi diupayakan di tanah air demi mengurangi tingkat emisi karbon untuk menjaga iklim di Bumi tetap terkendali.

Baca Juga: Waspada! Stres Berlebih Ternyata Bisa Sebabkan Sakit Gigi dan Berbagai Masalah Kesehatan Mulut

Beberapa hal yang sudah dilakukan oleh pemerintah diantaranya dengan komitmen menurunkan gas rumah kaca, pengembangan kendaraan listrik, pengembangan BBM ramah lingkungan, mendukung inovasi energi yang ramah lingkungan, serta melakukan penghijauan lahan.

Alue Dohong selaku Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengatakan jika dengan tidak merusak bumi maka kelangsungan Bumi akan jauh lebih baik di masa mendatang, sebagaimana dilansir dari Antara.

"Harapan untuk Indonesia, kita jaga bumi ini dengan baik, kita pelihara bumi kita dengan baik dengan berbuat baik terhadap bumi, salah satunya jangan kita merusak bumi," ujar Alue.

Baca Juga: Mengonsumsi Satu Butir Telur Per Hari Ternyata dapat Menyehatkan Mata Hingga Membuat Lebih Cerdas

Sebagai bentuk komitmen dalam menurunkan gas rumah kaca, Indonesia telah bergabung dengan Perjanjian Paris dengan target kontribusi penurunan emisi gas rumah kaca nasional sebesar 29 persen dengan usaha sendiri, dan 41 persen dengan bantuan internasional hingga 2030.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

x