53 Awak Kapal Dinyatakan Tewas, dan Puing-puing Kapal KRI Nanggala-402 Mulai Ditemukan

- 25 April 2021, 21:15 WIB
KRI Nanggala 402 Ditemukan
KRI Nanggala 402 Ditemukan /Antara/

KABAR BESUKI - Semua 53 anggota awak di atas kapal selam Indonesia yang tenggelam telah dipastikan tewas, dengan puing-puing kapal ditemukan, kata panglima militer Indonesia pada Minggu 25 April 2021.

Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan tim pencari telah menerima "gambar visual" yang telah dikonfirmasi sebagai bagian dari kapal selam KRI Nanggala 402, seperti kemudi vertikal belakang, jangkar, dan bagian luar badan tekanan. 

Berdasarkan bukti otentik kami menyatakan bahwa KRI Nanggala 402 telah tenggelam dan seluruh ABK tewas.

Baca Juga: Diduga Tengah Buat Konten ABG Ini Nyaris Tertabrak Kereta Api, Bahkan tak Menyadari saat KA Melintas

“Oleh karena itu, dengan kesedihan yang mendalam, sebagai komandan, saya menyatakan 53 personel KRI Nanggala telah meninggal sebanyak 402 orang,” kata ACM Tjahjanto dalam jumpa pers di Bali.

Militer menunjukkan apa yang dikatakannya sebagai baju pelarian kapal selam yang ditemukan oleh tim pencari. Panglima Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono mengatakan jas itu biasanya disimpan di "kotak darurat". Dia menyarankan bahwa seseorang mungkin telah mengeluarkan setelan itu dari kotak tetapi tidak berhasil memakainya.

Sedikitnya 25 kapal Indonesia telah terlibat dalam pencarian KRI Nanggala 402. Kapal dari negara lain juga sudah dikirim. Diantaranya adalah MV Swift Rescue Singapura, yang tiba pada hari Minggu pagi.

Adm Margono mengatakan Kendaraan yang Dioperasikan dari Jarak Jauh MV Swift Rescue dikerahkan pada pukul 7 pagi. Sekitar pukul 09.00, diperoleh gambar visual kapal selam di kedalaman 850m.

"KRI Nanggala terbagi tiga bagian, lambung kapal, buritan kapal, dan bagian utama semuanya terpisah, dengan bagian utama ditemukan retak," ujarnya.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Channel New Asia


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x