Tenang! Lebaran Makan Rendang, Pemerintah Telah Siapkan Kebutuhan Daging Sapi Lokal

- 29 April 2021, 09:53 WIB
Ilustrasi berbagai daging sapi di pasaran
Ilustrasi berbagai daging sapi di pasaran /Aini/pixabay/Free-Photos

KABAR BESUKI – Sejak dahulu rendang telah menjadi salah satu lauk andalan yang dihidangkan untuk keluarga ketika Lebaran tiba. Sehingga hal tersebut mengakibatkan melonjaknya daya beli daging sapi dipasaran.

Oleh karena itu, Pemerintah telah menyiapkan kebutuhan daging menjelang Hari Raya Idul Fitri dengan memobilisasi sapi-sapi yang ada di sentra peternakan ke konsumen hingga H-3 Lebaran 2021.

Melansir dari Antara, Deputi Pangan dan Agribisnis Kementerian Koordinator Perekonomian Musdhalifah Machmud, mengatakan saat ini pasokan daging yang biasanya dipenuhi melalui impor mengalami beberapa kendala pada masa pandemi COVID-19.

Baca Juga: Tindak Tegas! Walikota Solo Gibran Larang Presiden Jokowi Mudik Ke Solo, Netizen: Awas jadi Anak Durhaka

Musdhalifah menyebut daging sapi dan sapi bakalan yang biasanya diimpor dari Australia mengalami kendala karena menurunnya produksi sapi di negara Kanguru tersebut ditambah lagi dengan tingginya harga daging sapi secara global.

Sementara itu, pandemi COVID-19 yang masih berlangsung menjadi kendala dalam distribusi di mana terdapat keterbatasan kapal dan kontainer untuk memasok daging dari negara lain di luar Australia.

Menurut Musdhalifah, untuk pemenuhan daging sapi dalam negeri dipasok dari beberapa sentra ternak sapi seperti di Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, dan Lampung.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris Pekan ke-34 Live di NET TV dan Mola TV, Termasuk Everton vs Aston Villa

Sedangkan untuk musim hari besar nasional seperti Idul Fitri, Idul Adha, Natal dan Tahun Baru, biasanya mobilisasi ternak-ternak dari sentra produksi ke sentra konsumen umumnya di Jabodetabek.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah