Masker Ganda Mencegah dari Varian Covid-19 Baru, Ini Cara Pemakaian Masker yang Benar Menurut CDC

- 29 April 2021, 12:02 WIB
Ilustrasi penggunaan masker untuk bumi yang sehat
Ilustrasi penggunaan masker untuk bumi yang sehat /Bayu/Pixabay/cromaconceptovisual

KABAR BESUKI - Pejabat kesehatan di seluruh negeri menyarankan untuk menggandakan masker di tengah penyebaran cepat varian COVID-19 baru selama gelombang kedua yang sedang berlangsung.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan hal yang sama pada bulan Februari setelah sebuah penelitian mengungkapkan bahwa memakai dua masker memberikan perlindungan lebih dari satu.

Penopengan ganda bukanlah hal yang rumit, melainkan praktik memakai dua masker dengan saling bertumpuk.

Baca Juga: Bibir Terlihat Gelap? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Bibir yang Terlihat Gelap Agar Tetap Mempesona

Sementara masker N95 adalah standar emas karena menyegel wajah dengan benar dan menyaring 95 persen partikel, masker ini telah dilaporkan menyebabkan kesulitan bernapas, pasokan oksigen yang tidak memadai dan juga kisaran biaya.

Penopengan ganda atau pemakaian masker yang bertumpuk telah disarankan oleh spesialis kesehatan masyarakat dan Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) sebagai alternatif masker N95 dan sebagai cara yang efektif untuk mencegah paparan virus corona.

Dilansir Kabar Besuki dari laman Boldsky, CDC mencatat bahwa masker bedah tanpa simpul hanya dapat memblokir 56 persen sedangkan masker kain memblokir 51,4 partikel batuk.

Baca Juga: Kabupaten Banyuwangi Mendapat Penghargaan Karya Bhakti Peduli SATPOL PP dari Kemendagri

Masker bedah simpul dan selip memblokir 77 persen. Namun, kombinasi kain dan masker bedah memblokir partikel batuk hingga 85,4 persen.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Boldsky


Tags

Terkini

x