Dibalik Fakta Bahwa Vitamin B12 Kaya Manfaat, Ternyata Ini Bahaya yang Didapat Ketika Kekurangan

- 1 Mei 2021, 12:28 WIB
Ilustrasi pusing.
Ilustrasi pusing. /pixabay.com/nastya_gepp

KABAR BESUKI - Vitamin B12 larut dalam air, yang berarti tubuh tidak menyimpannya. Akibatnya, mereka perlu diisi ulang secara teratur dengan menyerapnya dari makanan.

Dosis yang dianjurkan dalam mengkonsumsi vitamin B12 adalah 2,4 mikrogram per hari. Kisaran normal bervariasi antara 200 hingga 900 pikogram per mililiter (pg per ml).

Jika nilai vitamin B12 kurang dari 200 pg per ml, ini dianggap sebagai kekurangan vitamin B12. Seorang profesional medis dapat melakukan tes darah untuk mengukur kadar vitamin B12.

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kelelahan, kelemahan, mati rasa dan kesemutan di jari tangan dan kaki, dan banyak lagi.

Baca Juga: Heboh! Video Mayat-mayat Bergelimpangan Karena Penularan Varian Covid-19 India 'Menyerang Tua Muda' Cek Fakta!

Orang yang cenderung kekurangan vitamin B12 adalah orang tua yang tidak menghasilkan cukup asam klorida di perut mereka untuk menyerap vitamin secara alami melalui makanan.

Individu yang memiliki gangguan pencernaan seperti penyakit Crohnpenyakit dan celiac, serta orang yang pernah menjalani operasi penurunan berat badan atau operasi gastrointestinal, mungkin kekurangan vitamin B12 karena penyerapan yang menurun.

Orang lain termasuk orang yang tidak mengonsumsi banyak produk hewani. Vegetarian dan vegan harus meminta dokter untuk memeriksa kadar vitamin B12 mereka.

Baca Juga: Viral Seorang Pria Menghina Agama Islam dan Nabi Muhammad, Bahkan Menyebut Kitab Alquran Adalah Dongeng!

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: Very Well Health


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x