Pungli Jelang Lebaran di Pasar Kliwon Solo Dianggap Sudah Biasa, Gibran: Tradisi Jelek Jangan Diteruskan

- 3 Mei 2021, 08:49 WIB
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengunjungi toko di Kecamatan Pasar Kliwon, Solo untuk mengembalikan uang warga/ Instagram: @gibran_rakabuming
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengunjungi toko di Kecamatan Pasar Kliwon, Solo untuk mengembalikan uang warga/ Instagram: @gibran_rakabuming /Rianti/

KABAR BESUKI -  Adanya praktik pungutan liar atau pungli yang mengatasnamakan zakat fitrah oleh petugas Satlinmas Kelurahan Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, telah membuat Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka geram.

Gibran dan Camat Pasar Kliwon, Ari Dwi Daryanto mengunjungi sejumlah toko-toko di wilayah Kelurahan Gajahan, Pasar Kliwon, Solo yang memberi uang pungli kepada oknum dan mengembalikan uang mereka pada Minggu 2 Mei 2021.

Gibran juga menghimbau kepada warga dan pemilik toko agar tidak memberikan sumbangan, terutama yang bermantel nama instansi milik pemerintah ketika menjelang Lebaran.

Baca Juga: Gara-gara Posting Foto Ini di Instagram, Chacha Frederica Menuai Hujatan dari Netizen! Sebenarnya Ada Apa?

Setidaknya ada 145 toko yang telah memberi uang kepada oknum tersebut. Besaran uang yang diberikan oleh pemilik toko dan karyawan bervariasi antara Rp50 ribu hingga Rp100 ribu, seperti dilansir Kabar Besuki dari Antara.

Pemberian uang ini dilakukan oleh Linmas yang bermodalkan surat edaran dari paguyuban Linmas yang dilengkapi dengan tanda tangan lurah Gajahan, Suparno.

Menurut keterangan salah satu karyawan toko, oknum mendatangi toko membawa sebuah surat edaran dimana nantinya pemilik toko atau karyawan akan menandatangani dan memberikan sejumlah uang sebesar Rp50 ribu - Rp100 ribu.

Baca Juga: 4 Cara Meminta Maaf Terhadap Pasangan Agar Kembali Luluh, Simak Selengkapnya

"Setiap mau lebaran ditarikin uang. Ada satu orang yang datang (menarik uang) bawa surat, disuruh tanda tangan sama (isi) nominal uang, disuruh catat," kata Nining, penjaga salah satu toko di Pasar Kliwon.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x