Fakta-fakta Racun Kalium Sianida Dipakai dalam Sate Maut yang Membunuh Anak Tukang Ojek Online

- 5 Mei 2021, 19:13 WIB
ilustrasi Sianida
ilustrasi Sianida /PIXABAY/socialneuron/

KABAR BESUKI - Inilah penjelasan mengenai apa itu kalium sianida, zat yang ada dalam kasus sate beracun serta bahayanya bagi tubuh.

Racun kalium sianida diketahui ada dalam bumbu sate misterius yang menewaskan bocah berusia 10 tahun, NFP asal Bantul, Yogyakarta.

Hal ini disampaikan Direskrimum Polda DIY, Kombes Pol Burkhan Rudy Satria saat melakukan jumpa pers di Mapolres Bantul, Senin, 3 Mei 2021.

Jenis sianida yang ditaburkan oleh tersangka ke bumbu sate yang disantap oleh korban, kata Burkan, merupakan sianida jenis padat.

Dilansir Kabar Besuki dari chanel YouTube Ayo Mikir, berikut 4 fakta racun sianida, racun yang digunakan oleh tersangka kasus pengirim takjil maut di Bantul.

Baca Juga: Mengakibatkan Kejang Hingga Tewas, 7 Bagian Tubuh yang Tidak Boleh Terkena Pukulan Meskipun Pelan

1. Di mana sianida ditemukan dan penggunaannya

Sianida berasal dari zat alami yang dilepaskan oleh beberapa makanan dan tumbuhan, seperti singkong, kacang lima, dan almond. Biji sejumlah buah-buahan, yaitu apel, aprikot, dan persik, mengandung bahan kimia yang juga memiliki potensi untuk dimetabolisme menjadi sianida.

Bahan kimia ini juga ditemukan pada asap rokok dan asap hasil pembakaran dari bahan sintetis seperti plastik. Di bidang manufaktur, sianida digunakan untuk membuat kertas, tekstil, dan plastik.

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: YouTube


Tags

Terkini