Mengetahui Lebih Dekat Tentang Batu Istimewa Hajar Aswad

- 7 Mei 2021, 23:02 WIB
Hajar Aswad
Hajar Aswad /Tangkap layar situs Antara

KABAR BESUKI - Mengenal apa itu hajar aswad, batu istimewa yanh ada di Mekkah.

Hajar Aswad merupakan batu rubi bundar yang memiliki warna hitam dan berlubang. Ia terletak di sudut tenggara Ka'bah atau sebelah kiri Multazam (antara Hajar Aswad dan pintu Ka'bah).

Memiliki tunggi sekitar 150 cm, batu ini berada di atas tanah. Mempunyai lingkaran sekitar 30 cm dan garis tengah 10 cm lebih besar dari lingkaran wajah manusia.

Baca Juga: Melinda dan Bill Gates Cerai, Ini Koleksi Kendaraan Mewah yang dijadikan Harta Gono Gini Termasuk Jet Pribadi

Untuk mencium batu ini, muka orang tersebut harus masuk pada lubung tersebut.

Hajar aswad merupakan batu yang sangat istimewa. Menurut banyak riwayat, antara lain Said bin Jubair ra, dari Ibnu Abbas dari Ubay bin Ka'ab ra, menerangkan Hajar Aswad dibawa turun oleh malaikat dari langit ke dunia. Seorang ahli sejarah dan penulis pertama sejarah Makkah, Abu Al-Walid Muhammad bin Abdul bin Ahmad Al-Azraki (224H/837M) juga berpendapat demikian.

Batu ini tidak ditemukan informasi yang jelas tentang siapa yang meletakkan Hajar Aswad pertama kali di tempatnya di Ka'bah, apakah malaikat atau Nabi Adam as. Dalam penelitian lainnya terungkap batu Hajar Aswad merupakan batu tertua di dunia dan juga bisa mengembang di air.

Penelitian terhadap Hajar Aswad sudah dilakukan di Inggris, dan menunjukkan bahwa Hajar Aswad bukan termasuk batuan bumi melainkan batu yang berasal dari langit-luar angkasa yang menyerupai meteor. Hajar Aswad memiliki komposisi kimiawi dan mineral sendiri yang berbeda dari meteor.

Baca Juga: Info Mudik 2021: 3169 Kendaraan Dipaksa Putar Balik di Titik Perbatasan Jawa Timur dengan Jawa Tengah

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: BPKH


Tags

Terkini

x