BMKG Memprediksi Sejumlah Provinsi Akan Dilanda Hujan Lebat Disertai Angin Kencang Hari Ini

- 8 Mei 2021, 06:54 WIB
Logo BMKG
Logo BMKG /BMKG/

KABAR BESUKI - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini mengenai potensi terjadinya hujan lebat disertai angin kencang yang diprediksi akan terjadi di sejumlah provinsi tanah air pada Sabtu, 8 Mei 2021.

Dalam peringatan dini cuaca yang dirilis oleh BMKG, ada beberapa wilayah yang diprediksi akan terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir antara lain Aceh, Banten, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, dan Jawa Barat.

Selain itu, hujan lebat disertai angin kencang juga diprediksi akan terjadi di wilayah Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan sebagaimana dilansir Kabar Besuki dari laman resmi BMKG.

Baca Juga: Sebulan Menikah, Aurel Hermansyah Kini Dikabarkan Positif Hamil, Bahkan Adik Atta Sudah Curiga?

Untuk wilayah DKI Jakarta, BMKG memprediksi bahwa hujan disertai angin kencang dan kilat akan terjadi di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Timur pada siang dan sore hari.

Adapun di Jawa Barat, hujan disertai angin kencang dan petir diprediksi akan terjadi secara hampir merata di berbagai kabupaten/kota seperti Bekasi, Depok, Ciamis, Kota Bogor, Pangandaran, Purwakarta, Karawang, Subang, Indramayu, Cirebon, hingga Bandung Raya.

Selain itu, BMKG juga telah memperingatkan adanya potensi terjadinya gelombang tinggi kurang lebih 2,5 hingga 4 meter di Perairan Barat Kepulauan Mentawai, Perairan Barat Pulau Enggano-Lampung, Selat Sunda Bagian Selatan dan Barat, Samudera Hindia Barat Kepulauan Mentawai-Lampung, Perairan Selatan Jawa hingga Sumbawa, Selat Bali-Lombok-Alas Bagian Selatan, dan Samudera Hindia Selatan Jawa hingga Sumbawa.

Baca Juga: Polisi Israel Tembakkan Peluru Karet ke Arah Pemuda Palestina Saat Berunjuk Rasa di Masjid Al-Aqsa

BMKG menghimbau kepada seluruh masyarakat di kawasan pesisir khususnya para nelayan untuk waspada terhadap risiko tinggi terkait keselamatan pelayaran yakni pada perahu nelayan, kapal tongkang, kapal Ferry, hingga kapal kargo atau kapal pesiar.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: BMKG ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x