Mudik Dilarang 85 WNA Asal China Datang, Ini Alasan Pemerintah Memperbolehkannya Masuk ke Indonesia

- 8 Mei 2021, 16:46 WIB
Tangkapan layar diduga WN China tiba di Bandara Soekarno Hatta pada 4 Mei
Tangkapan layar diduga WN China tiba di Bandara Soekarno Hatta pada 4 Mei /Instagram/@smart.gram

KABAR BESUKI - Kabag Humas dan Umum Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kemenkumham, Arya Pradhana Anggakara, angkat bicara soal viralnya video puluhan warga negara China tiba di Indonesia lewat Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) pada Selasa, 4 Mei 2021.

Kedatangan warga negara China itu mendapat sorotan publik karena berbanding terbalik dengan kebijakan pemerintah yang melarang warganya untuk mudik.

Arya membenarkan memang ada 85 warga negara China yang datang ke Indonesia pada Selasa, 4 Mei 2021, pukul 14.55 WIB melalui Bandara Soetta.

Baca Juga: Rakyat Dihantam Resah Karena Gelombang Covid-19, Parlemen India Bangun Proyek Miliaran

Arya mengatakan instansinya telah melakukan pemeriksaan soal status keimigrasian puluhan warga negara China tersebut. Tak hanya itu, kata Arya, puluhan warga negara China itu juga telah dilakukan pemeriksaan kesehatan sesuai dengan aturan atau protokol yang berlaku.

Seperti Dilansir Kabar Besuki dari Antara, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, larangan mudik yang ditetapkan akan mengurangi mobilitas masyarakat. 

Jika mobilitas WNA tinggi ditambah mobilitas WNI yang juga tinggi, maka kata dia, penyebaran virus corona bisa tidak terkendali.

Lagi pula, kata Nadia, pemerintah sebenarnya sudah membatasi pergerakan WNA melalui Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 26 Tahun 2020 tentang Visa dan Izin Tinggal dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru.

Selain itu, lanjut dia, para WNA yang tiba di Indonesia itu bukan untuk liburan, melainkan untuk bekerja dan sudah memenuhi aturan keimigrasian.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

x