Pemkab Banyuwangi Salurkan Bantuan 12 Kapal Penangkap Ikan Kepada Nelayan di Desa Bomo

- 8 Mei 2021, 16:53 WIB
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani /@ipukfdani.galeryphoto/Instagram

KABAR BESUKI - Pemkab Banyuwangi menyalurkan bantuan kapal fiber dan alat bantu penangkapan ikan untuk nelayan, yang simbolis diserahkan kepada Kelompok Usaha Bersama (KUB) Bahari di Pantai Ria, Desa Bomo, Kecamatan Blimbingsari. 

“Kemarin sudah kami serahkan. Ini sebagai upaya meningkatkan hasil perikanan tangkap nelayan. Manfaatkan kapal ini dengan sebaik-baiknya,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Jumat, 7 Mei 2021.

Menurut Ipuk, prioritas penerima bantuan kapal fiber ini adalah KUB yang anggota nelayannya masih menggunakan kapal dan alat bantu penangkapan ikan secara tradisional. Itulah yang membuat bantuan kapal ikan tersebut diberikan kepada kelompok nelayan bukan perorangan, agar bisa dimanfaatkan oleh banyak nelayan di kelompok tersebut. 

Baca Juga: Mudik Dilarang 85 WNA Asal China Datang, Ini Alasan Pemerintah Memperbolehkannya Masuk ke Indonesia

“Kapal yang kami serahkan ini sudah lebih modern karena dilengkapi teknologi yang membantu nelayan saat melaut,” kata Ipuk.

Seperti dilansir Kabar Besuki dari laman resmi Kabupaten Banyuwangi, Plt. Kepala Dinas Perikanan Banyuwangi Arief Setiawan mengatakan, ada 12 KUB yang masing-masing menerima 1 unit kapal fiber, masing-masing berkapasitas 2 gross ton (GT).

“Bantuan kapal juga rutin kami alokasikan pada tahun sebelumnya,” ujar Arief.

Selain kapal, nelayan juga mendapat sarana penunjang lainnya, berupa cool box, life jacket, solar cell, mesin perahu, peralatan penangkapan ikan, hingga fishfinder (alat pendeteksi ikan). Alat-alat tersebut berfungsi untuk meningkatkan hasil tangkap nelayan.

“Seperti fishfinder kalau dulu nelayan hanya mengandalkan insting untuk menentukan lokasi ikan, dengan alat ini bisa lebih akurat dalam menentukan lokasi ikan. Selain lebih akurat, nelayan juga bisa menghemat bahan bakar karena tujuan lokasinya jelas,” kata Arief.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: banyuwangikab.go.id


Tags

Terkini

x