Balok Gunung Es Terbesar di Dunia Pecah dari Antartika Barat ke Laut Weddell

- 21 Mei 2021, 10:44 WIB
Gunung es di Antartika//Pixabay
Gunung es di Antartika//Pixabay /

KABAR BESUKI - Sebuah balok es besar telah pecah dari Antartika barat ke Laut Weddell, menjadi gunung es terbesar di dunia dan dinamai A-76.

Ini adalah yang terbaru dari serangkaian balok es besar yang terlepas di wilayah yang sangat rentan terhadap perubahan iklim, meskipun para ilmuwan mengatakan dalam kasus ini tampaknya itu adalah bagian dari siklus kutub alami.

Sedikit lebih besar dari pulau Majorca di Spanyol, A-76 telah dipantau oleh para ilmuwan sejak 13 Mei ketika mulai terpisah dari Rak Es Ronne, menurut Pusat Es Nasional AS.

Baca Juga: Hong Kong Baru Saja Memutuskan Hubungan dengan Taiwan, Simak Ulasan Berikut

Gunung es yang berukuran panjang sekitar 170 km dan lebar 25 km dengan luas 4.320 km persegi tersebut kini mengapung di Laut Weddell.

Ini bergabung dengan pemegang gelar terbesar dunia sebelumnya A-23A berukuran sekitar 3.880 km persegi yang tetap berada di area yang sama sejak 1986.

A-76 awalnya terlihat oleh Survei Antartika Inggris dan anak sapi istilah yang digunakan ketika gunung es pecah dikonfirmasi menggunakan gambar dari satelit Copernicus, kata Badan Antariksa Eropa.

Baca Juga: Tidur dengan Menggunakan Kaos Kaki Basah Ternyata dapat Menyembuhkan Penyakit Ini, Ini Alasannya

Ini mungkin raksasa, tapi A-76 sama sekali bukan gunung es terbesar dalam beberapa tahun terakhir.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Channel News Asia


Tags

Terkini

x