Bocornya 279 Juta Data Penduduk Indonesia yang Diduga Berasal dari BPJS Kesehatan, Kominfo Blokir Raid Forum

- 23 Mei 2021, 15:19 WIB
Usut Kasus Bocornya Jutaan Data Pribadi, Bareskrim Polri Panggit Dirut BPJS
Usut Kasus Bocornya Jutaan Data Pribadi, Bareskrim Polri Panggit Dirut BPJS /Twitter @ndagels

KABAR BESUKI - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memblokir Raid Forum yang teridentifikasi sebagai forum penyebar konten yang melanggar hukum Indonesia.

Di situs inilah para peretas menyebarkan data kewarganegaraan Indonesia yang kini menjadi sorotan publik.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran data pribadi yang lebih luas.

Juru bicara Kominfo Dedy Permadi mengatakan, tautan untuk mengunduh data pribadi, yakni tautan data di bayfiles.com, mega.nz, dan anonfiles.com semuanya telah diblokir.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem di China Terjadi Secara Mendadak, Sebabkan 21 Orang Tewas dan Ratusan Orang Terluka

“Kominfo telah mengidentifikasi jumlah data yang lebih besar dan memperluas investigasi terhadap sekitar 1 juta data yang diklaim sebagai data sampel oleh penjual. Dari hasil investigasi secara acak terhadap sekitar 1 juta data tersebut, dapat disimpulkan bahwa Kominfo dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) perlu melakukan investigasi lebih mendalam bersama dengan BPJS Kesehatan,” tutur Dedy Permadi, dilansir Kabar Besuki dari laman kominfo.go.id.

Selain itu, kata Dedy, sesuai amanat PP 71 Tahun 2019, Kominfo memanggil direksi BPJS Kesehatan pada Jumat 21 Mei 2021 selaku pengelola data pribadi yang diduga telah dibuka untuk proses penyelidikan lebih lanjut.

Baca Juga: Gunung Berapi Paling Berbahaya di Kongo Timur Meletus, 3.500 Warga Melarikan Diri Untuk Mengungsi

“Dari hasil pertemuan dengan Direksi BPJS Kesehatan disepakati bahwa BPJS segera akan memastikan dan menguji ulang data pribadi yang diduga bocor. Selain itu, investigasi yang dilakukan oleh tim internal BPJS akan selalu dikoordinasikan dengan Kementerian Kominfo dan BSSN,” kata Dedy memaparkan.

Halaman:

Editor: Aliefia Rizky Nanda Herita

Sumber: Kominfo


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x