Ditjen Aplikasi Informatika Bonifasius Wahyu Sebut Indonesia Butuh 9 Juta Talenta untuk Transformasi Digital

- 25 Mei 2021, 17:44 WIB
Foto ilustrasi sejumlah staff mencari solusi dan jalan keluar agar perusahaannya makin maju
Foto ilustrasi sejumlah staff mencari solusi dan jalan keluar agar perusahaannya makin maju /StartupStockPhotos/pixabay

KABAR BESUKI – Di era serba digital seperti saat ini pemerintah tengah berupaya melakukan percepatan transformasi, untuk mewujudkannya tidak hanya soal infrastruktur dan akses.

Tetapi juga diperlukan sumber daya manusia yang memadai.

Menurut Direktur Pemberdayaan Informatika, Ditjen Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Dr. Ir. Bonifasius Wahyu Pudjianto, M.Eng mengatakan syarat untuk melakukan percepatan transformasi digital adalah adanya perluasan akses, infrastruktur, percepatan integrasi Pusat Data Nasional serta pembuatan roadmap di berbagai sektor. 

Baca Juga: Lakukan 4 Cara Ampuh Ini untuk Atasi Mata Panda dengan Langkah Sederhana

Menurutnya, SDM juga harus disiapkan, agar proses transformasi tidak terhambat dan mendatangkan manfaat bagi kemajuan bangsa.

"Ini yang paling penting, yang mengendalikannya SDM atau human capital. Kita juga melakukan analisis terhadap kebutuhan, ternyata dibutuhkan 9 juta talenta digital selama 15 tahun," ujar Bonifasius Wahyu Pudjianto, yang dikutip Kabar Besuki dari Antara.

Boni menjelaskan bahwa talenta digital ini mereka yang menguasai berbagai hal baik terkait teknologi, AR dan sebagainya.

Selain itu, yang paling penting kemampuan digital ini ditujukan untuk meningkatkan berbagai nilai tambah tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga bangsa dan negara.

Baca Juga: Lakukan Kebiasaan Ini Usai Bangun Pagi Agar Badan Lebih Sehat dan Berenergi Saat Jalani Aktivitas

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini