Sekelompok Ilmuwan Arkenas Temukan Bukti Peradaban Zaman Batu di Ibu Kota Baru Indonesia

- 31 Mei 2021, 19:48 WIB
Foto: Ilustrasi penemuan barang bersejarah
Foto: Ilustrasi penemuan barang bersejarah /hulkiokantabak/Unsplash

KABAR BESUKI – Sebuah fenomena langka dan bersejarah baru saja ditemukan di wilayah sekitar menjadi ibu kota negara yang baru di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Fenomena tersebut yakni tim ilmuwan Arkeologi Nasional (Arkenas) yang berhasil menemukan berbagai peninggalan prasejarah di situs Gua Pangeran di wilayah Karst.

Diketahui bahwa tempat ditemukannya benda bersejarah tersebut tak jauh dari wilayah yang akan menjadi ibu kota negara yang baru di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Baca Juga: Juliari Batubara Targetkan fee Rp35 Miliar Hingga Vendor Pengadaan Bansos Harus Rekomendasi Pejabat Kemensos

“Kami temukan berbagai peralatan pra sejarah dari batu, tulang, dan kerang,” terang Ketua Tim Arkenas Prof Harry Truman Simanjuntak kepada wartawan, dalam siaran persnya, dikutip Kabar Besuki dari laman PMJ News pada 31 Mei 2021.

Selanjutnya dalam penemuan tersebut terdapatlat-alat prasejarah itu di antaranya, tulang yang dibentuk seperti spatula.

Diketahui bahwa para peneliti menemukannya usai eskavasi atau penggalian secara cermat sejumlah bagian di Gua Pangeran.

Menurut keterangan dari Simanjuntak, temuan itu menunjukkan kemungkinan peradaban manusia telah tinggal di kawasan ujung barat laut Teluk Balikpapan tersebut.

Namun jika diteliti berdasarkan peralatan yang ditemukan dan lokasi ditemukannya, yaitu di gua karst, diperkirakan berasal dari Zaman Batu atau masa praaksara (sebelum ada huruf dan tulisan) kira-kira 10.000 tahun yang lalu.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: PMJNews


Tags

Terkini

x