Polisi: 10 Orang Terduga Teroris Jaringan Ansharut Daulah Merauke Sudah Sumpah Setia Ke ISIS

- 1 Juni 2021, 12:54 WIB
Ilustrasi teroris.
Ilustrasi teroris. /Pixabay/thedigitalway

KABAR BESUKI - Jajaran Kepolisian Resort Mimika, Papua, telah melacak kemungkinan adanya sel-sel jaringan teroris yang ditangkap di Merauke, wilayah Timika.

Menurut Kapolres Mimika AKBP IGG Era Adhinata menyebut bahwa wilayah Timika menjadi tempat transit kelompok teroris yang ditangkap di Merauke sejak Jumat, 28 Mei 2021 hingga Minggu, 30 Mei 2021

"Faktanya Timika merupakan jalur transit kelompok teroris yang ditangkap di Merauke itu. Sampai sekarang kami belum mendapatkan informasi lanjutan apakah ada sel-sel teroris itu yang ada di Timika. Kami masih terus menunggu informasi lanjutan hasil pengembangan penyidikan kasus terorisme di Merauke oleh Tim Densus 88 Anti Teror Polri," ujar Era Adhinata.

Sementara itu, Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Argo Yuwono menyebutkan 10 terduga teroris yang ditangkap di Merauke telah melakukan sumpah setia atau baiat ke kelompok radikal Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Baca Juga: Ferdinand Hutahaean Komentari Puan Maharani dan Anies Baswedan tak Akan Bisa Berduet untuk Maju Pilpres 2024

"Jadi, 10 orang itu sebagai kelompok Ansharut Daulah yang ada kaitannya dengan ISIS. Mereka juga mengikuti latihan fisik (i'dad) di sana menggunakan senjata," kata Irjen Pol Argo Yuwono, sebagaimana dikutip Kabar Besuki dari Antara, Selasa, 1 Juni 2021.

Kesepuluh terduga teroris ditangkap oleh Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Mabes Polri di Merauke, Papua.

Adapun 10 terduga teroris yang diamankan yakni AK, SB, ZR, UAT, DS, SD, WS, YK, AP dan IK, dari 10 orang ada pasangan suami istri yakni AP dan IK (perempuan).

Baca Juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Pramono Anung: Pancasila Terbukti Menjadi Penyelesai Persoalan Bangsa

Halaman:

Editor: Ayu Nida LF

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x