Kabupaten Kudus Dinyatakan Zona Hitam Penyebaran Virus Corona, Pasien Sudah Mencapai 5712 Orang

- 1 Juni 2021, 18:20 WIB
Foto: Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin
Foto: Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin /@budi.gunadi.sadikin/Instagram/

KABAR BESUKI - Kabupaten Kudus menjadi satu-satunya zona merah COVID-19 di Jawa Tengah. Bupati Kudus HM Hartopo menyebutkan penambahan kasus Corona baru sehari ratusan kasus baru.

"Saat ini memang sangat luar biasa, karena memang saat ini kasus aktif sampai 1.200-an. Ada kasus baru 150 kasus. Kasus meninggal pun lumayan banyak. Jadi ini sudah menjadi viral,ini sudah menjadi perhatian dari pemerintah pusat," kata Bupati Kudus HM Hartopo kepada wartawan ditemui di Pendapa Kabupaten Kudus, Selasa, 1 Juni 2021, seperti dilansir Kabar Besuki dari ANTARA.
 
Hartopo mengatakan saat ini sudah melakukan langkah konkret untuk memutus penyebaran virus Corona di Kudus. Sehingga tidak terjadi lonjakan tajam kasus COVID-19.
 
 
"Bagaimana cara kita mengatasi upaya tidak menjadi lonjakan lagi. Ini langkah konkret sudah kita lakukan. Terkait dengan bagaimana untuk antisipasi supaya tidak ada penyebaran secara masif seperti kemarin," ungkap Hartopo.
 
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin tengah mengambil langkah untuk menindaklanjuti kenaikan yang cukup besar di Kudus, salah satunya dengan menerapkan aturan mikro lockdown.
 
Selain itu, pihaknhya juga meminta dilakukan pemeriksaan genome sequencing pada pasien Corona di Kudus. 
 
"Memang Kudus akhir-akhir ini ada peningkatan luar biasa baik dari sisi kasus konfirmasi maupun yang masuk rumah sakit," kata BGS, sapaan akrab Budi Gunadi Sadikin.
 
 
Ia mengatakan, pemerintah sudah bergerak cepat untuk mengatasi peningkatan kasus di Kudus. Salah satunya, dengan mengalihkan pasien ke rumah sakit terdekat di luar Kudus.
 
"Kami berkoordinasi dengan gubernur, pasien yang berasal dari daerah Kudus, Pati, Sragen, itu kami arahkan ke rumah sakit lain di luar Kudus," jelasnya.
 
Pemeriksaan ini guna mengetahui apakah lonjakan kasus di Kudus ada kaitannya dengan varian baru Corona.
 
Ratusan tenaga kesehatan kini ada yang sedang menjalani isolasi mandiri namun juga ada yang dirawat di rumah sakit. 
 
 
Akibat hal ini sejumlah rumah sakit di Kudus kekurangan tenaga kesehatan.
 
Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus terdapat 1.200 kasus Covid-19. 
 
Sebanyak 298 orang di antaranya menjalani perawatan sementara 972 orang menjalani isolasi mandiri.
 
Hingga data terakhir ada 626 orang meninggal dunia akibat Covid-19 di Kudus. Sementara jumlah pasien sembuh mencapai 5.712 orang.***

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Antaranews.com


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x