Demi Jamaah Haji 2021, Indonesia Telah Komunikasi Langsung ke Raja Salman dan Lobi Luar Biasa Level Tertinggi

- 4 Juni 2021, 18:45 WIB
Ilustrasi jemaah haji di Mekkah, Arab Saudi
Ilustrasi jemaah haji di Mekkah, Arab Saudi /Pixabay/Abdullah_Shakoor//

KABAR BESUKI - Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel tegaskan Indonesia telah melakukan lobi luar biasa di level tertinggi demi jemaah haji Indonesia tahun ini.

Lobi diplomatik atas berkomunikasi langsung dengan Raja Salman dan Putra Mahkota Mohamed bin Salman. Selain itu, atas nama kuota haji, Indonesia juga melobi Badan intelijen Saudi.

Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengungkapkan, pekan lalu otoritas Saudi menggelar sidang haji dan rekomendasi pelaksanaan haji itu disampaikan kepada Kerajaan Arab Saudi lho, untuk kemudian nantinya diputuskan oleh Raja Salman.

Baca Juga: Demi Mempercepat UMKM Jabar Go Digital, Ridwan Kamil Gandeng Shopee dalam Membuka Shopee Center

“Otoritas yang paling berwewenang untuk menentukan ibadah haji ya Raja Salman,” kata Dubes Agus Maftuh dalam wawancara, dilansir Kabar Besuki mengutip dari Instagram @KBRI_Riyadh.

Dubes mengatakan bahwa Indonesia telah melakukan lobi luar biasa di tingkat tertinggi otoritas tertinggi Saudi terkait pelaksanaan haji.

“Sudah lakukan (lobi) termasuk ke Raja Salman dan Mohamed bin Salman. Saya sudah kirim surat ke beliau salam hangat dan kami sampaikan kedekatan kedua bangsa dan pemimpin bangsa, Jokowi meminta perhatian ke Saudi pada jemaah haji Indonesia,” jelas Dubes Agus.

Baca Juga: Innalilahi! Ayah dari Oki Setiana Dewi Dikabarkan Telah Meninggal Dunia, Ria Ricis Diminta untuk Segera Pulang

Ia menyatakan bahwa KBRI Riyadh, Arab Saudi merupakan garda pertama pemerintah Indonesia di Arab Saudi dalam mencapai upaya maksimal yang luar biasa di tingkat tertinggi bagi jemaah haji Indonesia, untuk kepentingan bangsa Indonesia.

Halaman:

Editor: Aliefia Rizky Nanda Herita

Sumber: Instagram @KBRI_Riyadh


Tags

Terkini

x