Vaksin Pfizer Memiliki Tingkat Antibodi Lima Kali Lebih Rendah Terhadap Virus Varian India

- 5 Juni 2021, 11:39 WIB
ilustrasi penelitian vaksin
ilustrasi penelitian vaksin /pexels.com/edward jenner

KABAR BESUKI - Vaksin COVID telah terbukti sangat protektif terhadap virus corona baru, tetapi tidak ada yang 100 persen sangat mudah, terutama ketika menyangkut virus corona, yang telah berevolusi dan bermutasi selama satu setengah tahun terakhir.

Pejabat dan pakar kesehatan telah menyebut beberapa varian kekhawatiran, termasuk varian yang berasal dari India dan berpotensi lebih menular dan lebih mungkin untuk melewati vaksin saat ini.

Sekarang, penelitian baru menunjukkan bahwa varian India mungkin resisten terhadap salah satu dari tiga vaksin yang disetujui AS pada khususnya.

Baca Juga: Mengepalkan Tangan Ternyata Bisa Bantu Meningkatkan Daya Ingat, Bisa Anda Coba Sekarang!

Studi baru, yang diterbitkan pada 3 Juni di jurnal medis The Lancet, menunjukkan bahwa orang yang mendapat vaksin Pfizer menghasilkan lebih sedikit antibodi terhadap varian India bila dibandingkan dengan jenis virus lainnya.

Para peneliti menganalisis sampel darah dari 250 peserta yang menerima satu atau dua dosis vaksin Pfizer.

Mereka kemudian membandingkan respons antibodi terhadap lima jenis COVID yang berbeda, termasuk tiga varian yang menjadi perhatian, varian India B.1.617.2, varian Afrika Selatan B.1.351, dan varian Inggris B.1.1.7.

Baca Juga: Inilah 5 Kandungan Skincare yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan, yang harus Anda Ketahui

Menurut temuan mereka, orang yang divaksinasi penuh dengan dua dosis vaksin Pfizer memiliki tingkat antibodi lima kali lebih rendah terhadap varian India bila dibandingkan dengan jenis COVID asli, yang menjadi target vaksin saat ini untuk dilawan.

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: Best Life Online


Tags

Terkini

x