Pemberangkatan Prioritas Kepada Calon Jamaah Haji 2020 Akan Diberikan oleh Kemenag Kabupaten Belitung

- 5 Juni 2021, 19:31 WIB
ILUSTRASI: Ka'bah dan jemaah haji
ILUSTRASI: Ka'bah dan jemaah haji /Abdullah_Shakoor/PIXABAY

KABAR BESUKI - Pandemi belum sepenuhnya usai, banyak agenda menjadi tersendar karena adanya wabah corona. Salah satunya agenda pemberangkatan jamaah haji yang dikatakan banyak mengalami kendala.

Seperti halnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dikabarkan bahwa Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memrioritaskan pemberangkatan jamaah calon haji 2020 yang tertunda sebanyak 169 orang pada tahun 2021 ini akibat pandemi Covid-19 jika tahun 2022 diwujudkan.

"Jika pelaksanaan ibadah haji dibuka pada tahun depan (2022) maka yang diprioritaskan tetap calon jamaah haji dari Belitung tahun 2020 sebanyak 169 orang untuk diberangkatkan," ungkap Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Belitung, Suyanto di Tanjung Pandan, pada Jumat 5 Juni 2021 dilansir dari situs Antara.

Baca Juga: 6 Kegiatan Illegal di Amerika Namun Menjadi Kebiasaan di Indonesia, Nomer 5 Sering Dijumpai

Kata dia, kantor Kementerian Agama Belitung sebelumnya telah memrioritaskan keberangkatan jamaah calon haji tahun 2020 menuju Tanah Suci pada pelaksanaan haji tahun ini.

Tetapi, kata dia, agenda itu kembali tertunda sejalan dengan keluarnya Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor: 660 Tahun 2021 tentang Pembatalan Keberangkatan Jamaah Haji pada Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1442 Hijriah.

"Dengan dua kali ditundanya keberangkatan jamaah calon haji tahun 2020 kami sangat berharap pada tahun depan jika pelaksanaan ibadah haji dibuka untuk Indonesia maka mereka bisa diberangkatkan," jelasnya.

Baca Juga: Luhut Lakukan Misi ke China Hari Ini, Diketahui Sudah Dapat Restu dari Orang Penting di Indonesia

Pihaknya juga mengabarkan, bahwa  penundaan tersebut juga akan menambah daftar tunggu haji di daerah itu yang saat ini mencapai 22 tahun.

"Kami berharap nanti ada penambahan kuota sehingga dapat menambah jumlah jamaah yang berangkat," ungkap dia.

Pihaknya berharap kepada 169 jamaah calon haji asal daerah itu yang keberangkatannya tertunda pada tahun ini dapat bersabar dan ikhlas menerima keputusan tersebut.

Baca Juga: Ketua KPK Firli Bahuri Tidak Hadir dalam Debat Terbuka Terkait Polemik TWK

"Alhamdulillah 169 calon haji asal Belitung sekarang ini kondisinya sehat kami juga terus berkomunikasi melalui pesan dan dalam waktu dekat akan kami undang untuk menyampaikan penjelasan terkait pembatalan keberangkatan ibadah haji tahun ini," pungkas Suyanto.***

Editor: Prasetyo Bagus Pramono

Sumber: ANTARA


Tags

Terkini

x