Trump Mencela Fauci Dalam Acara Publik Atas Penanganan Pandemi Covid-19, dan Menuntut Reparasi dari China

- 6 Juni 2021, 13:22 WIB
Ilustrasi acara publik
Ilustrasi acara publik /Samuel Pereira/Unsplash

KABAR BESUKI - Mantan Presiden AS Donald Trump pada Sabtu, 5 Juni 2021 dengan tajam menyerang pakar penyakit menular AS Anthony Fauci atas penanganannya terhadap pandemi virus corona, menuntut reparasi dari China dan mengecam penyelidikan atas keuangannya dalam sebuah pidato di North Carolina.

Berbicara di Greenville, North Carolina, pada konvensi Partai Republik negara bagian itu, Trump bergabung dengan paduan suara politisi Republik yang mengkritik Fauci karena meminta orang Amerika memakai masker untuk menjaga dari virus dan yang kadang-kadang skeptis terhadap teori bahwa virus itu lolos dari laboratorium di Wuhan, China.

Dilansir Kabar Besuki dari laman CNA, Trump menyebut Fauci bukan dokter hebat tapi promotor hebat karena sering tampil di televisi.

Baca Juga: Amerika Serikat Berikan 750.000 Vaksin Covid-19 Kepada Taiwan, Ketika China Berulang Kali Ungkap Keprihatinan

“Tapi dia salah di hampir setiap masalah dan dia juga salah di Wuhan dan lab,” kata Trump.

Asal usul virus tetap diperdebatkan dan masih dalam penelitian oleh badan intelijen AS.

Penanganan pandemi Trump sendiri, di mana hampir 600.000 orang di AS telah meninggal dan dia sendiri terinfeksi, merupakan faktor dalam kekalahannya dari Presiden Demokrat Joe Biden dalam pemilihan November 2020.

Baca Juga: Chord dan Lirik Lagu 'Ketampel' yang Dipopulerkan oleh Anggun Pramudita: Dong-donge Riko Sing Isun Duweni

Trump meminta China untuk membayar beberapa triliun US dollar sebagai ganti rugi kepada AS dan dunia untuk penanganan virusnya sendiri, dan dia mengatakan negara-negara harus membatalkan utang mereka ke Beijing.

Halaman:

Editor: Prasetyo Bagus Pramono

Sumber: CNA


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x