Dampak Buruk Kesepian Ternyata Membuat Pria Lebih Berisiko Terkena Kanker lho

- 12 Juni 2021, 16:19 WIB
Ilustrasi kesepian.
Ilustrasi kesepian. /pexels.com/Andrew Neel

KABAR BESUKI -  Sering merasa kesepian seringkali membuat seseorang mudah merasa sedih dan juga berdampak buruk bagi kesehatan mental karena kurangnya interaksi dengan orang lain.

Selain itu, merasa kesepian ternyata juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan bahkan bisa meningkatkan risiko terkena kanker, terlebih pada seorang pria.

Kesepian ternyata bisa meningkatkan risiko kanker pada pria. Hal ini dibuktikan dalam sebuah studi di Finlandia yang menemukan bahwa ada keterkaitan antara kesepian dengan peningkatan risiko kanker.

Baca Juga: Waktu Terbaik untuk Sarapan, Makan Siang, dan Makan Malam yang Ampuh Bantu Menurunkan Berat Badan

Seperti dilansir Kabar Besuki  dari WebMD, sebuah studi terbaru yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Eastern Finland telah menunjukkan bahwa pria yang sering mengalami kesepian dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker.

Menurut para peneliti, perhitungkan kesepian dan hubungan sosial harus jadi bagian penting untuk perawatan komprehensif dan pencegahan penyakit.

Meski belum dijelaskan mengenai alasan yang jelas mengenai kesepian yang bisa menyebabkan meningkatnya risiko kanker pada pria, menurut salah seornag peneliti, Siiri_Liisi Kraav mengatakan bahwa kemungkinan besarnya adalah peradangan.

Menurut Kraav, kesepian yang dirasakan seseorang bisa menyebabkan peradangan yang bisa memicu timbulnya kanker. Kraav juga mengatakan bahwa, kesepian memiliki banyak efek yang merugikan bagi kesehatan.

Baca Juga: 4 Penyebab Telinga Jadi 'Budek' Jangan Diremehkan, Termasuk Gunakan Cotton Bud

Halaman:

Editor: Yayang Hardita

Sumber: webMD


Tags

Terkini

x