Pelajaran Berharga dari Insiden Christian Eriksen di Ajang Euro 2020 untuk Penyiaran Indonesia

- 13 Juni 2021, 13:05 WIB
Christian Eriksen
Christian Eriksen /REUTERS/Hannah Mckay

KABAR BESUKI - Insiden yang menimpa Christian Eriksen dalam laga Denmark vs Finlandia pada ajang Euro 2020 pada Sabtu, 12 Juni 2021 waktu Denmark berhasil menyita perhatian publik di seluruh dunia.

Christian Eriksen sempat mengalami kolaps saat melakoni babak pertama laga Grup B Euro 2020 antara Denmark vs Finlandia, dan membuat wasit terpaksa mengakhiri babak pertama sebelum waktu normal usai.

Hanya dalam waktu kurang lebih satu jam pasca terjadinya insiden tersebut, kondisi Christian Eriksen telah dinyatakan membaik.

Baca Juga: Christian Eriksen Mendadak Kolaps di Laga Grup B Euro 2020 Denmark vs Finlandia

Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Fajar Junaedi pun turut memberikan pendapatnya mengenai insiden tersebut.

Menurutnya, insiden yang menimpa Christian Eriksen telah memberikan pelajaran berharga bagi dunia penyiaran Indonesia, khususnya dalam hal pemberitaan mengenai suatu insiden atau musibah.

Pemberitaan mengenai suatu insiden atau musibah telah diatur dalam Pasal 25 Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran Komisi Penyiaran Indonesia (P3SPS KPI).

Baca Juga: Hasil Pertandingan Euro 2020 Belgia vs Rusia: Gol Romelu Lukaku Jadi Penentu Kemenangan Mutlak 3-0

Fajar Junaedi menekankan pentingnya menumbuhkan rasa empati bagi setiap pelaku industri penyiaran Indonesia.

Halaman:

Editor: Rizqi Arie Harnoko

Sumber: Twitter @fajarjun P3SPS KPI


Tags

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x